Manfaat Ikan Salmon Untuk Anak Usia 2 Tahun

3:11 PM

Kerja di industri mom and baby bikin aku jadi up to date sama berbagai macam informasi seputar parenting. Kali ini aku pengen bahas tentang manfaat ikan salmon untuk anak.

Tentu kalian sudah tahu, bahwa dua tahun pertama kehidupan manusia adalah masa-masa emas dalam tumbuh kembangnya. Selain melatih motorik dan psikis, tentu orang tua juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisinya agar seimbang. Salah satu sumber makanan andalan para Ibu untuk meningkatkan kualitas kecerdasan anak adalah ikan salmon.

Aku termasuk salah satu penggemar salmon, sih. Yuk, simak artikel aku lebih lanjut karena aku mau jelasin manfaat salmon untuk perkembangan anak!

Ikan Salmon Untuk Kesehatan Anak

Ikan salmon adalah jenis ikan yang populer dalam dunia kesehatan. Sebab, ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Omega 3 sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak, diantaranya berperan dalam menjaga otak, jantung, hingga mencegah kanker.


Selain omega 3, ikan salmon juga mengandung mineral yang cukup banyak dan beragam. Diantaranya adalah selenium, fosfor, dan potasium.

Selenium berfungsi sebagai komponen antioksidan, mengatasi racun, dan meningkatkan sistem imun. Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang, mempertahankan pH darah dan untuk metabolisme energi. Sementara itu, potasium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, serta mampu mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Anak

Selain mudah diolah, ikan salmon memang memiliki manfaat yang berguna untuk tumbuh kembang anak. Tak heran apabila banyak Ibu yang mengandalkan salmon untuk melengkapi nutrisi bagi si kecil.

Salah satu manfaat utama dari ikan salmon antara lain ialah meningkatkan kecerdasan otak anak. Bahkan, sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa anak yang rutin mengonsumsi ikan salmon paling tidak 2-3 porsi per minggu, memiliki konsentrasi dan daya tahan berpikir lebih baik daripada anak yang jarang mengonsumsi ikan salmon.


Selain itu, manfaat ikan salmon untuk anak yang lainnya adalah:

Meningkatkan konsentrasi anak saat belajar

Asam lemak omega 3 pada ikan salmon punya peran yang sangat penting bagi otak anak. Omega 3 dinilai mampu membuat anak lebih mudah berkonsentrasi sehingga kemampuan berpikirnya pun lebih cepat.

Anak akan lebih mudah memahami dan menyerap informasi dari apa yang ia terima. Mau anak berprestasi? Siapkan salmon untuk menu mingguan si kecil, ya.

Meningkatkan daya tahan tubuh anak

Ini penting banget, sih! Apalagi belakangan ini cuaca sedang tidak menentu, yang membuat tubuh harus beradaptasi dengan berbagai suhu dan kelembapan cuaca tertentu.
Sementara faktanya, daya tahan tubuh anak yang masih dalam tahap perkembangan tidak sepenuhnya mampu beradaptasi dengan suhu yang berubah-ubah.

Untuk itu, demi menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit, ikan salmon bisa menjadi salah satu solusinya. Masak ikan salmon dalam berbagai olahan 2-3 kali dalam seminggu agar anak tetap sehat dan aktif sebagaimana mestinya.

Menjaga kesehatan kulit anak

Ikan salmon mengandung senyawa astaxanthin yang dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit anak-anak. Terlebih lagi, sel-sel kulit anak juga masih sedang dalam masa pertumbuhan, lho.

Agar kulit anak tumbuh dengan bagus dan sehat, coba deh konsumsi ikan salmon secara rutin. Ikan salmon mengandung antioksidan yang bisa membuat kulit menjadi lembap dan sehat.


Menjaga kesehatan tulang

Tak sampai di situ, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang tinggi, lho! Protein akan membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik sehingga pertumbuhan tulang anak menjadi lebih maksimal.

Tulang akan tumbuh menjadi lebih kuat, dan ukurannya akan memanjang mengikuti perkembangan usianya. Terlebih lagi, semakin besar, anak akan semakin aktif, kan. Ia jadi tidak mudah pegal dan fisiknya akan terhitung lebih kuat saat beraktivitas.

Menjaga pertumbuhan tubuh anak agar tetap ideal

Kandungan lemak jenuh pada ikan salmon cenderung sedikit. Inilah sebabnya, salmon banyak dipilih sebagai salah satu menu diet untuk orang dewasa.

Nah, pada anak-anak, mengonsumsi makanan bebas lemak jenuh seperti salmon akan membantu meningkatkan metabolism tubuh. Dampak positifnya, percernaan anak akan lebih lancar dan berat badan anak menjadi ideal karena tidak didominasi oleh lemak.

Itulah beragam manfaat ikan salmon untuk anak usia 2 tahun. Nah, sebagai himbauan, pastikan anak mengonsumsi salmon dalam keadaan matang, ya.

Kalau mau baca lebih lanjut seputar manfaat ikan salmon untuk anak, baca di sini, ya!

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda.

Pic source by: Pexels, Adobe Photostock.

You Might Also Like

0 Comments