Liburan Hemat Budget di Kota Termahal di Dunia! Mau?

2:14 PM

Liburan sekolah dan liburan pergantian tahun baru berencana kemana, nih? Coba deh, kunjungi kota termahal di dunia dengan cara hemat berikut ini. Pssst, bisa untuk liburan bersama keluarga juga, lho!

Nah, jika kebetulan kamu punya tabungan khusus liburan yang jumlahnya tidak sedikit, sebaiknya gunakan saja untuk berlibur di Singapura. Negara tetangga yang terkenal dengan Merlion Park ini selalu menjadi tujuan destinasi liburan warga Indonesia.

Singapura dinobatkan sebagai kota termahal di dunia. Tapi, kamu bisa liburan di sini dengan budget 3 jutaan aja!
Selain lingkungannya bersih dan tertib, banyak juga wisata kuliner dan tempat lainnya yang perlu kamu eksplor di Singapura bersama keluarga!

Singapura, Kota Termahal di Dunia

Siapa sangka kota termahal di dunia terletak di benua Asia, yakni Singapura. Data ini didapatkan dari hasil penelitian The Economist Intelligence Unit (EIU). Kabarnya, sebungkus rokok saja dibanderol dengan harga 132 ribu rupiah. Mahal banget, ya!

Selain itu, untuk bahan bakar minyak dibanderol dengan harga 21 ribu. Kalau di Indonesia, kita bisa mendapatkan lebih banyak barang dengan harga tersebut. Hmm, jadi makin bersyukur, ya!

Meskipun serba mahal, Singapura terkenal dengan kota yang bersih dan transportasi umum yang memadai. Infrastruktur dan sarana umumnya luar biasa!

Jadi, kamu tentu saja wajib mencobanya. Tenang saja, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran tanpa kehilangan momen berkesan saat liburan, diantaranya:

1. Membuat daftar tempat wisata beserta budgeting

Liburan yang berkesan dimulai dari perencanaan yang matang. Hal mendasar ini meskipun tampak remeh namun dampaknya besar. Maka dari itu, sebelum berlibur kita wajib menyusun daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi beserta dengan budgeting-nya.

Bagi pemula, mungkin bisa menonton review travel blogger terlebih dahulu sebagai gambaran untuk membuat estimasi waktu dan biaya yang diperlukan. Pastikan tempat yang ingin dikunjungi berdekatan dengan fasilitas makan, tempat ibadah, serta transportasi umum agar lebih efektif dan efisien.

Dalam membuat rencana, jangan lupa sediakan rencana cadangan jika terjadi sesuatu diluar dugaan.

2. Berburu Tiket Promo

Mau ke Singapura dengan minim budget? Berarti kamu harus menjadi promo hunter!

Cek website penyedia tiket dengan harga murah bahkan diskon mulai dari 6 bulan hingga setahun sebelum keberangkatan. Langkah ini cukup efektif, terlebih lagi maskapai juga sering menyelenggarakan promo khusus pada momen tertentu.

Tak cuma pesawat, kamu juga perlu melakukan riset promosi untuk hotel/hostel, biaya tempat wisata, hingga transportasi di Singapura. Untuk urusan promo, Singapura merupakan negara tujuan yang banyak alternatif harganya dari Indonesia. Kamu bisa pilih yang paling sesuai dengan budget kamu, deh!

3. Manfaatkan Tempat Wisata Gratis

Meskipun dikenal dengan biaya hidup yang mahal, Singapura selalu bisa memikat minat wisatawan untuk terus berkunjung. Salah satu alasannya karena Singapura memiliki ruang publik gratis yang bisa dikunjungi wisatawan. Tak cuma gratis, setiap tempat wisata ini juga unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sudah dapat pengalaman yang seru, kamu juga tak perlu keluar uang banyak untuk hal ini :D 

Beberapa contoh tempat wisata gratis di Singapura yang bisa kamu kunjungi, antara lain:
  • Raffles’ Landing Site
  • Clarke Quay
  • Singapore Botanic Garden
  • Orchard Road
  • Little India
  • Bugis Street
  • East Cost Park
  • Marina Bay Sands
  • Garderns By The Bay
Tak lupa, ada juga patung Merlion Park yang iconic! Kamu tentu saja wajib mengunjungi ini, ya. Tidak sah rasanya ke Singapura kalau tidak mengunjungi Merlion Park.


Jangan lupa juga, yang sedang hits baru-baru ini. Air terjun buatan di Jewel Changi Airports.


4. Pintar Memilih Lokasi Wisata Kuliner

Kemana pun tujuan wisatanya, jangan sampai lupa berburu kuliner khasnya. Namun sayangnya, kebanyakan harga kuliner di Singapura cukup menguras dompet.

Maka dari itu, sebaiknya kita memilih makan yang sudah disediakan hostel atau pergi ke food court yang biasanya terletak di pusat perbelanjaan.

Atau, jika kamu memang berencana untuk berwisata kuliner di Singapura, kamu bisa mengalokasikan budget lebih besar untuk biaya makan dan menekan biaya lainnya seperti transportasi atau belanja.

5. Membawa Tempat Minum Sendiri

Hal kecil namun berdampak besar saat berlibur di Singapura adalah membawa tempat minum sendiri. Kebetulan di beberapa sudut jalan di Singapura, sudah terdapat water tap yang bisa diakses gratis. Tinggal buka tap-nya, lalu masukkin deh ke botol minum yang kamu bawa!

Langkah ini tentu saja bisa menghemat pengeluaran kamu untuk membeli air mineral. Apalagi, harga air mineral kemasan sedang saja dibanderol dengan harga sekitar 3 SGD.

6. Gunakan Transportasi Umum

Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan transportasi umum di Singapura. Soalnya, Singapura sudah memiliki alat transportasi yang sangat memadai dan ramah bagi pejalan kaki.

Tingkat kebersihan di setiap transportasi umum di Singapura juga sangat baik. Kamu bisa menggunakan MRT untuk berkeliling kota Singapura. Ini jauh lebih cepat serta hemat dibandingkan kamu menggunakan taksi.

7. Menginap di Hostel 

Hostel selalu menjadi pilihan menginap wisatawan asing di Singapura. Selain harganya lebih bersahabat, suasananya pun menyenangkan. Di hostel, kamu bisa berkenalan dengan wisatawan dari berbagai negara lainnya. Bahkan, tak jarang juga bisa bertemu dengan traveler dari Indonesia juga! Tentu saja, hal seperti ini tidak bisa kamu dapatkan jika menginap di hotel berbintang.

Hostel memiliki harga yang lebih murah dibandingkan hotel karena sifatnya sharing room atau berbagi ruangan kamar. Satu kamar umumnya terdiri dari 6-8 kasur yang bisa dihuni oleh 6-8 orang. Lebih hemat, tetap nyaman, dan dapat teman baru. Kenapa tidak? :D

Nah, itu dia tips liburan hemat di Singapura yang dinobatkan sebagai kota termahal di dunia! Kalau ditotal, kamu bisa kok liburan ke Singapura dengan budget 3 jutaan saja! Yuk, segera menabung dan pastikan kamu bisa menikmati liburan yang berkesan bersama orang-orang tercinta.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya sampai akhirnya kamu bisa menginjakkan kaki di Singapura. Jika kamu masih penasaran dengan 10 kota termahal di dunia, klik deh artikel Cekaja.com berikut ini.

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda.

Pic source by: Pexels, Adobe Photostock.

You Might Also Like

0 Comments