Desain Interior untuk Bisnis Coworking Space

3:49 PM

Berniat buka coworking space, tapi bingung cari referensi desainnya yang efisien tapi maksimal? Baca ulasan ini deh, aku akan kasih tips tentang desain interior untuk bisnis coworking space!

Bisnis coworking space memang menggiurkan, sih. Apalagi saat ini sudah banyak sekali kantor-kantor yang memperbolehkan karyawannya kerja secara mobile.

Belum lagi, urusan perijinan usaha yang cukup rumit, membuat banyak perusahaan lebih memilih stay di coworking space untuk mengembangkan bisnisnya dengan mudah!


Selain fasilitas yang lengkap, coworking space biasanya identik dengan desain yang unik, menarik, dan tentunya…. Instagramable!

Tak hanya untuk meningkatkan semangat kerja, desain unik untuk coworking space bisa kalian pilih agar para pengunjung atau karyawan bisa betah berlama-lama di kantor. Betul, nggak? Kalau begitu, simak tipsnya, ya!

Tentukan budget

First thing first adalah buat anggaran. Paling tidak, untuk elemen-elemen utama yang wajib ada di ruang kerja. Misalnya adalah meja kerja, pintu pembatas, kursi kerja, sofa, dan lain-lain.

Budget bisa kalian tentukan sesuai dengan luas ukuran coworking space kalian, lokasi, pembagian sekat ruangan, dan lain-lain. Pastikan juga pembagian sekat ruangan selalu disesuaikan dengan kapasitas ruangan, ya.

Tentukan tema interior


Summer or beach? Café dengan desain yang super cozy? Atau sekedar ingin mengangkat suasana rumah yang super homey? Bisa!

Kalian bisa mencari referensi sebanyak-banyaknya lalu pilihlah satu. Pastikan interior antara satu ruangan dan ruangan lainnya berkaitan, ya!

Buat lobby sesempurna mungkin

Ada perkantoran, tentu ada lobby, dong! Tempat ini akan menjadi tempat yang pertama kali dilihat oleh siapapun yang mengunjungi coworking space kalian.

Jadi, buat seunik dan sebaik mungkin, ya! Clue-nya, berikan meja resepsionis, bangku, sofa sebagai tempat menunggu, serta tanaman di sudut ruangan. Sempurna!

Siapkan space untuk ruang meeting

Berikan minimal 2 ruangan meeting dengan kapasitas 6-10 orang per ruangan. Ini akan menjadi nilai tambah saat kalian mempromosikan coworking space ke khalayak.


Namanya juga pekerjaan, tentu nggak akan lepas dari aktivitas meeting, dong. Nah, untuk menggunakan ruangan meeting ini, kalian bisa menerapkan sistem pembayaran terpisah atau sistem poin.

Sediakan ruangan telepon

Ingin mendukung para pelanggan kalian memiliki kualitas phone call yang baik? Berikan 3-4 sekat ruangan untuk menelepon yang kedap suara. Hal ini juga membantu pelanggan kalian yang lainnya agar tidak terganggu.

Berikan ruang tunggu

Layaknya rumah yang memiliki ruang tamu, kalian juga harus mempersiapkan ruang tunggu di coworking space kalian! Sediakan sofa, meja, dan buku bacaan untuk mengisi ruangan ini.


Selain berfungsi sebagai ruang tunggu, ruangan ini juga bisa difungsikan sebagai ruang berkumpul.

Jangan lupakan pantry

Jangan hanya terfokus pada desain ruang kerja saja! Kalian juga wajib menyisakan space untuk pantry, ya.

Buat list untuk mengisi pantry tersebut, yang terpenting adalah dispenser dan kulkas! Jika memungkinkan, kalian juga bisa menyediakan coffee maker dan berikan kopi atau teh secara gratis setiap hari.

Jangan lupa sediakan gelas, piring, sendok dan garpu setidaknya dua kali lipat dari kapasitas coworking space kalian. Mengingat tidak semua karyawan membawa peralatan makannya sendiri.

Atur sekat ruangan secara fleksibel

Hal ini akan menguntungkan kalian jika ingin mengatur ruangan sesuai kapasitas yang dipesan. Buat sekat ruangan yang bisa diatur sefleksibel mungkin agar bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Mau cari referensi ide dan tips lainnya tentang bisnis coworking space? Cek aja di sini!

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda.

Pic source by: Pexels, Adobe Photostock.

You Might Also Like

0 Comments