Cara Ampuh Atasi Insomnia atau Susah Tidur, Dijamin Manjur!

12:12 AM

Kamu insomnia? Sama, saya juga.
Bahkan, tulisan ini dibuat saat saya menikmati waktu tengah malam saat saya lagi sulit-sulitnya memejamkan mata. Sambil mikirin, dengan segudang aktivitas di esok hari, apa kabarnya badan dan kesehatan saya? Pasti bakalan capek banget.

Usut punya usut, hampir sebagian besar orang insomnia atau susah tidur itu, karena pola tidur dan manajemen waktu yang salah kaprah. Akhirnya, timbul deh, kebiasaan begadang; yang udah jelas-jelas nggak baik untuk kesehatan, tapi masih aja banyak yang melakukan.


Tapi, beberapa minggu terakhir, saya bisa lebih cepet tidur, dong. Tanpa minum obat tidur atau apapun, sepertinya saya sudah mulai menemukan cara-cara alami untuk menyembuhkan kebiasaan sulit tidur. 

Dan semuanya, hanya butuh satu; komitmen.

1. Sistem 'Tambal' Jam Tidur

Intinya, begadang itu kurang tidur. Kalau jam tidur ada yang bolong, buruan ditambal, deh. Misalnya biasanya tidur 8 jam sehari, lalu kemarinnya cuma sempet tidur 5 jam, maka sempet-sempetin di hari berikutnya kamu bisa menambal 3 jam yang terlewat itu tadi. 

Tapi, sistem tambal jam tidur ini sebenernya kurang efektif kalau nggak didukung sama olahraga dan pengelolaan pikiran dari dalam diri. Salah langkah, bisa-bisa sistem tambal jam tidur ini malah membentuk kebiasaan baru; lebih banyak tidur karena nambal jam tidurnya kelamaan. Hahaha.

2. Olahraga

Seringan apapun itu, rutin melakukan olahraga di pagi hari adalah pilihan yang tepat. Kalau saya, biasanya melakukan gerakan-gerakan stretching aja, sih. Meregangkan otot-otot tubuh supaya lebih rileks. Tambahan, biasanya saya lari-lari kecil di balkon rumah. Sambil menghirup udara segar.

Siangan dikit, biasanya saya lari keliling komplek, itupun kalau sempat (dan kalau mood juga hahaha). Maklum, masih suka cheating kalau soal olahraga. Banyak bolongnya, hahaha.

Olahraga terbukti mampu merelaksasi diri dan pikiran kita. Kalau badan terbiasa fit, pikiran juga nggak banyak stress-nya, biasanya waktu tidur akan bisa lebih tertata dan kita juga bisa lebih cepat memejamkan mata. Itu sih menurut yang saya baca.

3. Memadatkan Jadwal dalam Kurun Waktu Tertentu

Hanya kita yang bisa menakar kekuatan diri kita sendiri. Jadi tergantung, kamu mau memadatkan jadwalmu selama beberapa hari, atau seminggu penuh. Sehari - dua hari juga gak masalah. Yang penting, aktivitasnya sehat dan bermanfaat. 

Memadatkan jadwal dengan segudang aktivitas, misalnya kerja, ikut event, jalan-jalan, baca buku di perpustakaan, dan lain-lain sesuai dengan pilihan kamu, bisa membuat badan lebih cepat lelah. Nah, kalau saya biasanya kalau udah capek banget, akhirnya bisa deh tidur lebih cepat.

Kalau pola tidur lebih cepat macem begini bisa dibiasakan beberapa hari, biasanya akan lebih mudah juga diadaptasikan ke pola tidur kita di hari-hari selanjutnya.

4. Membaca

Kata orang sih, baca buku bikin mata lelah dan kemudian ngantuk. Tapi kalo buat saya cara yang ini enggak mempan. Kalau kalian pernah coba dan berhasil atau bahkan jadi kebiasaan, bisa share di kolom komentar, ya! Hihi.

5. Jauhkan Gadget

Ini penting! Kebiasaan banget, kan, sebelum tidur scrolling timeline semua media sosial yang kita punya. Sekalian sambil stalking medsos mantan atau gebetan, halah :))) Sampai akhirnya kita ketiduran dengan gadget yang tergeletak gitu aja.

Tapi yang kayak gini justru harus dijauhin banget. Beberapa hari terakhir saya bener-bener menjauhkan posisi handphone dari tempat tidur saya. Taro di meja rias, coba! Hahaha. Biar kalo ada alarm buat bangun pagi bunyi, saya juga ada effort buat matiin alarmnya, dan jadi bangun beneran! :p

Fyi, sinar atau cahaya dari gadget itulah yang sebenarnya menyebabkan mata kita sulit tidur. Padahal, dokter gitu biasanya kan menganjurkan tidur dalam keadaan lampu redup atau bahkan dimatikan supaya bisa lebih cepet tidur nyenyak.

6. Matikan Lampu

Buat kamu yang terbiasa aja, kalo saya jujur malahan nggak bisa tidur dengan lampu redup atau dimatikan :))

Tapi emang sih, perbedaannya kerasa. Tidur dengan lampu redup atau mati bisa bikin lebih nyenyak, karena kita seakan diantar dengan suasana yang tenang, hening, dan pikiran yang diarahkan untuk nggak mikirin apa-apa.

7. Rutin Buat To-Do-List Esok Hari

Nah, bisa jadi kamu susah tidur gara-gara banyak pikiran tentang apa yang harus kamu lakukan besok. Biar memudahkan, coba deh susun jadwal atau buat daftar tentang apa aja yang harus kamu lakukan esok hari.

Emang sih, ini nggak begitu berpengaruh. Tapi paling enggak, bisa sedikit melegakan pikiran kamu supaya tidur lebih nyenyak dan besoknya juga gak terburu-buru.

8. Kurangi Ngopi

Kalau mengurangi kopi karena mengandung kafein, saya setuju. Tapi kalau menghindari kopi, saya nggak setuju! Secara saya paling nggak bisa memulai kerjaan di pagi hari tanpa kopi, hahaha.

Emang sih, kopi ini kuat pengaruhnya buat kualitas tidur. Tapi ya, paling enggak kita bisa atur porsi kita mengkonsumsi kopi. Satu gelas sehari aja, cukup, lah. Saya biasanya pilih pagi hari karena kopi itu jadi moodbooster saya banget. Siang atau sore hari, pas lagi jam ngantuk-ngantuknya, saya nggak minum kopi lagi. Mungkin bisa diganti susu atau air mineral yang banyak untuk meningkatkan konsentrasi.

9. Tingkatkan Kenyamanan Tidur

Ini sih balik lagi ke personal, menurut saya. Karena ada juga, kan, orang yang bisa tidur di sembarang tempat dengan gaya apa aja; bahkan dalam kondisi duduk dan dalam keadaan ramai sekalipun.

Tapi alangkah baiknya, kita juga memperhatikan soal ini; kenyamanan tempat tidur. Dan buktinya, bagi saya ini berpengaruh!

Menata tempat tidur dengan sprei yang bagus, bersih, rapih, harum, bisa meningkatkan semangat tidur, lho (meskipun kadang akhirnya juga cuma tidur-tiduran haha). Belum lagi, bantal dan guling yang tertata rapih, bikin pengen meluk aja kan bawaannya. 

Jangan lupa, pastikan suhu udara di kamar itu adem! Entah pakai AC, kipas angin, atau suhu cuaca dari ventilasi udara sekalipun, yang penting adem!

10. Enjoy Aja dan Berdoa

Tingkat stress dan rasa khawatir seseorang memang berbeda-beda. Yang paling penting, adalah bagaimana cara kita mengatasinya.

Jangan sampai, terlalu kepikiran sesuatu yang membuat kamu semakin susah tidur. Saya biasanya lebih memilih untuk memikirkan hal-hal yang indah, misalnya kayak waktu saya menerima penghargaan, mengkhayal tentang karir saya di masa depan, atau apa aja lah yang baik-baik biar bisa bikin pikiran lebih rileks dan kalau kebawa mimpi nanti juga enak, hahaha.

Apapun itu, intinya jangan lupa selalu berdoa sebelum tidur! Supaya saat dalam keadaan tidur, kita selalu dalam kondisi terjaga oleh Yang Maha Esa, dan diberikan kebarokahan untuk menyambut hari-hari selanjutnya.

***

Nah, itu tips cara mengatasi insomnia atau susah tidur yang udah saya lakukan. Alhamdulillah, manjur! Mungkin kalau dirutinin, pola tidur saya bisa lebih teratur dan bener-bener nggak ada lagi yang namanya susah tidur.

Kalau kamu, gimana? :)


You Might Also Like

10 Comments

  1. aku semalem insomnia, pengen tidur gak bisa terus meskipun udah ku paksain akhirnya aku dengerin instrumen piano :3

    langsung tiduuurr sampe pagi XD

    rusydinat.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa! Instrumen piano juara deh jadi pengantar tidur. Aku juga sering denger mba :)

      Delete
  2. Terima kasih mbak artikelnya. Saya insomnia dan msh bingung ngatasinnya. Saat anak2 tidur saya ngerjain kerjaan, saat merek bangun, saya ngantuk, alhasil berantakan. Klo tambal jam tidur udah saya kerjain, yg blm olah raga hehe

    keluargahamsa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga emang paling susah dirutinin ya mbak, kalo nggak hobi :)) yang penting digerak-gerakin aja mba setiap pagi. Semoga sehat selalu, terima kasih juga sudah mampir :)

      Delete
  3. Aku sih ngak insomnia tapi kdng susah tdr krn minum kopi di malam hari, kadang kelupaaan mau tdr eh malah minum kopi hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku juga gitu mba, tapi lama-lama bisa ngurangin diganti deh sama susu :)) Asik deh artikel aku dikomen sama Mba Turis Cantik :D

      Delete
  4. matiin lampu, olahraga, atau baca..manjur buatku hehe
    yang lain ga ngaruh sama sekalii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh aku kok baca enggak mempan ya, malah kadang keasikan baca sampe abis :)) tapi olahraga tuh emang penting banget sih ya..

      Delete
  5. Setuju pakai banget sama 10 tipsnya, dan aku pun masih cheating sama olahraga :D

    ReplyDelete
  6. Iya, Mbak. Saya juga insomnia karena jadwal yang keteteran :')

    ReplyDelete