REVIEW: Wedding Planner Book by The Bride Dept

12:16 PM

Sebelum nantinya sibuk banget mempersiapkan nikahan, biar nggak clueless banget, akhirnya aku memutuskan untuk beli wedding planner book dari The Bride Dept ini.


Sumpah ya, untung jaman sekarang ada The Bride Dept dan sejenisnya itu, sumber referensi untuk Wedding Organizer, venue, catering dan hal-hal lainnya juga jadi banyak banget dan pastinya udah recommended dan approved.

Nggak kebayang deh kalau jaman dulu belum ada yang kayak gini, buat yang clueless tentang pernikahan kayak aku gini pasti pusingnya nambah jadi dua kali lipat. Hahaha.

Oh ya, kebetulan, aku sama calon suami sama-sama anak pertama, jadi kami (dan orang tua kami) nggak punya pengalaman "pernikahan/menikahkan" di keluarga inti kami. Mentok-mentok, kami sih banyak dapet masukan dan nasihat dari kakak-kakak sepupu, tapi serius deh kalau hanya dengan itu kami merasa belum cukup. Apalagi ditambah kesibukan kita berdua yang longgarnya cuma pas weekend aja.


Sampai akhirnya, aku dikadoin ini sama calon suamiku. Dari awal sih aku udah ngerasa wedding planner book ini emang bakalan bermanfaat banget, buat lebih jelasnya, langsung aja kita review yah..

Packaging & Design

Dari segi packaging-nya, asli deh, The Bride Dept all out banget! Sukaaaa! Packaging-nya ada box-nya gitu, dengan warna dan desain yang senada. Isi bukunya juga tebel, kertasnya tebel dan enak (yang kalo ditulis pakai pulpen apapun nggak mbleber tintanya).


Buku ini menggunakan hard cover jadi memang agak berat kalau dibawa kemana-mana, but it's worthed apalagi kalau kita mau meeting sama WO, pasti yang dicatet dan perlu di-list juga banyak kan.

Di bagian cover belakang ada karet warna pink muda (gemes banget) buat mengunci buku kalau pas ditutup.

Desain buku ini juga merupakan kolaborasi The Bride Dept sama Chic & Darling, lho. Makanya, pas tau corak sama warnanya, udah ketauan banget kan. Oh ya, pilihan warnanya tersedia yang soft sama yang bold, katanya sih yang bold itu limited edition. Waktu itu mau beli yang bold tapi habis, hehe. Jadi beli yang soft aja deh.

Contents

Lanjut kita bahas isinya, ya. Menurutku, isi dari buku ini udah cronologycally banget. Keseluruhan isi buku ini dibagi jadi 5 bab, yaitu Administration, Budgeting, Vendor & Details, Fun Stuff, Notes & Calendar.



Kayaknya sih secara teori urutannya begitu, tapi kadang kenyataan di lapangan emang suka beda sih. Tapi dimanapun nanti start dan finish-nya persiapan wedding kamu, tinggal cus buka bab yang lagi kamu jalanin aja.

Di setiap bab buku ini berisi tentang list do and don't's yang harus kamu perhatikan, tips dan trik juga. Beragam informasi dibeberkan secara rinci, padat dan jelas, lalu dilanjutkan sama halaman atau kolom yang bisa kita isi sesuai dengan panduan yang diberikan. Jadi lebih teliti, sih, intinya. Nggak kelewat apalagi yang dipersiapin kan banyak, sekalipun pakai WO, kita juga perlu tau kan kayak apa profil vendor-vendor yang kita pakai.

Bab tentang persiapan administrasi dan dokumen-dokumen ke KUA.
Panduan awal tentang budgeting!
Tentang bridesmaid..
Nah di akhir setiap bab, pasti ada games yang kayaknya biar kita nggak stress aja gitu.. Hahaha. Buat seru-seruan aja. Tapi jujur sampai detik ini itu game belum ada yang aku isi! *sok terlalu serius* :)))

Bab milih-milih tamu, hmm penting banget nih!
Di bab paling terakhir, Notes & Calendar, juga ada halaman kosong yang bisa kita tulis atau gambar apa aja. Cocok sih buat dibawa kalo pas meeting sama WO, atau buat journaling kamu dan pasangan itung-itung buat mereduksi stress ya... Hahaha.

Timeline is the most important thing!
Benefit

Dari packaging-nya yang lucu, buku ini bisa lho dijadiin kado. Nggak cuma ke pasangan, tapi bisa juga untuk kado temen kamu yang emang udah announce mau nikah dalam waktu dekat dan belum ada persiapan.

Atau... bisa juga sih untuk bingkisan buat calon-calon bridesmaid kamu yang belum menikah biar pada cepet ketularan! Soalnya menurut aku, buku ini timeless banget, kok. Bisa dipakai kapan aja sesuai dengan kebutuhan kita kapan siap ngisinya :)

For me personally, aku merasa terbantu sih dengan buku ini. Dengan posisi, aku clueless banget ya soal pernikahan dan 'mau menikah'. Tapi mungkin akan berbeda dengan yang punya banyak referensi atau patokan soal pernikahan, mungkin yang anak bungsu atau emang kerja di WO, gitu...

Buku ini menurut aku juga bisa jadi cara seru buat quality time dan bonding sama pasangan di tengah tekanan dan pusingnya ngurusin persiapan nikah. Apalagi ngisi bagian game-nya bareng-bareng ya kan.

Ada sticker yang bisa kamu tempelin di mana aja, lucu deh!
Oh ya, bisa juga lho buku ini nantinya akan jadi kenang-kenangan kita di masa tua. Coba deh, kalau buku ini udah terisi penuh dengan segala coret-coretannya, pernikahan kita lancar, dan kita hidup berpasangan sudah bertahun-tahun lamanya.... Udah punya anak cucu. Terus iseng-iseng pas udah tua buka-buka buku ini lagi... Pasti menyenangkan sekaligus mengharukan banget! Semoga dikasih kesempatan kesana, dikasih umur panjang dan dikasih rasa "jatuh cinta pada orang yang sama" terus setiap hari.

Worth to buy or not?

I absolutely say yes! Karena membantu banget. Sedapet-dapetnya banyak informasi dari berbagai sumber, buku catetan tetep kita perluin kok :)

Di cover belakangnya juga ada space untuk nyelipin dokumen-dokumen yang kamu dapet atau kumpulin, loh!
How To Buy?

Kebetulan The Bride Dept menyediakan lini pembelian melalui Tokopedia. Harganya IDR 249,000.


Semoga review aku kali ini bermanfaat ya buat para calon pengantin di luar sana! Semangat mewujudkan pernikahan impian kalian bersama pasangan! Love and see you on the next post.. :)

You Might Also Like

0 Comments