Manners Maketh (Wo)Man

4:20 PM

Well, ini salah satu quote yang paling saya suka, diambil dari film Kingsman, meskipun sebenarnya ini pepatah lama.

Simpel tapi ngena, pendek tapi bermakna.

Aslinya Manners Maketh Man karena manners adalah satu hal yang paling menunjukkan gentleman atau tidaknya seorang laki-laki, tapi di era sekarang kayaknya pepatah ini juga cocok buat diterapkan ke kehidupan perempuan. Perempuan yang baik-baik dan reliable ya yang punya manner, begitu juga laki-laki.

Karena menurut saya, kelakuan, sikap, perilaku seseorang itu yang benar-benar bisa menggambarkan siapa orang itu secara mendalam. Gimana cara dia bersikap, menghadapi sesuatu, hingga memperlakukan orang lain, even orang itu baru kenal.

Secantik dan seganteng apapun, sebagus apapun teknik grooming-nya seseorang, kalo nggak ada manner... yaudahlah. Jangan harap dapet respect dari orang banyak.

Perihal manner kan juga udah dibahas dalam Islam, dalam Kitabul Adab.

Lagian juga, agama manapun juga nggak akan ada yg ngajarin manner jelek, menunjukkan betapa pentingnya manner buat kehidupan kita di dunia dan setelahnya.

Dalam kehidupan profesional, kerjaan, komunitas, kuliah, sekolah dan lain-lain, manners juga harus dijunjung tinggi.

Katanya kalau berteman itu nggak boleh pilih-pilih, tapi kalau saya harus pilih-pilih. Pilih mana yang akhlaknya bagus mana yang enggak, yang bagus boleh temenan dan dekat, yang enggak ya cukup tau dan jaga jarak aja (bukan memusuhi lho ya).

Karena teman dan circle itu bawa pengaruh banyak buat diri kita, jadi harus selektif juga.

Tapi langkah pertama, dari diri kita sendiri juga harus baik manner-nya dulu. Karena semuanya kan memang dimulai dari diri sendiri dulu yaa..

Jangan pernah lelah buat introspeksi diri karena segala hal itu pasti berimbang, nggak ada yang berdiri sendiri.. :)

***

You Might Also Like

0 Comments