Konsula : Wujud Praktis Layanan Kesehatan dalam Bentuk Digital

2:45 PM

Para pendiri Konsula dan dokter-dokter yang telah bergabung di dalamnya.
Pada hari Senin, 27 Juni 2016 kemarin, kebetulan saya mendapatkan special invitation untuk acara grand launching fitur e-store dari aplikasi Konsula. Bertempat di Ruci's Joint, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, acara ini berlangsung sangat menarik dan berkesan dengan peluncuran aplikasi kesehatan berbasis digital ini.

Konsula adalah sebuah aplikasi konsultasi kesehatan online yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari jasa dokter, produk, klinik atau rumah sakit, dan lain-lain dengan berbasis aplikasi mobile.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah dan cepat, hemat waktu, hemat tenaga, dan tentunya dengan biaya yang lebih efisien.

Hanya dengan beberapa klik dalam genggaman smartphone saja, aplikasi Konsula dapat mengantarkan kita ke "gerbang-gerbang" pelayanan kesehatan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.


Fyi, Konsula ini sudah diluncurkan sejak Desember 2015 lalu, lho. Sementara aplikasi mobile-nya, diluncurkan pada April  2016 lalu. Hingga saat ini, terhitung sudah 8.000 lebih pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi Konsula. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Sebelumnya, Konsula telah menyediakan fitur Chat dengan Dokter, Telepon dengan Dokter dan Cari Dokter pada aplikasinya.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Setelah men-download aplikasi Konsula, kita bisa mendaftarkan alamat e-mail kita untuk registrasi akun di aplikasi Konsula. Untuk fitur ini memang selanjutnya akan berbayar, namun kalau dihitung-hitung dari tingkat keefektifan dan efisiensinya, tetap saja jauh lebih murah.


Eits, tapi untuk saat ini, di awal kemunculannya, Konsula masih memberikan semua layanan tersebut secara gratis. Yuk, coba!

Sederhana, Tapi Manfaatnya Luar Biasa

Bayangkan, biasanya, dalam keadaan darurat kita sangat membutuhkan tindakan preventif atas keluhan yang sedang kita atau orang lain alami. Sayangnya, pada kenyataannya kita dibuat terlalu sibuk dan menghabiskan banyak waktu untuk mencari dokter, menghubungi rumah sakit atau klinik terdekat, hingga mengantri mengurus ini itu di klinik atau rumah sakit yang sudah kita datangi.

Atau, saat kita ingin konsultasi ke dokter yang lamanya tidak seberapa, tapi harus mengantri menunggu giliran berjam-jam lamanya.

Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang berdirinya Konsula. Menjadi solusi yang efektif untuk kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah, cepat, praktis dan akurat. 

Jangan salah, dokter-dokter yang bergabung di Konsula ini semuanya resmi, profesional, dan bersertifikat. Tak main-main, seleksi ketat pun diadakan untuk menjaring dokter handal yang memiliki komitmen serta integritas yang tinggi untuk memberikan pelayanannya kepada masyarakat melalui Konsula.

Perwakilan para dokter yang sudah bergabung dengan Konsula.
Yap, bener banget. Nggak cuma bermanfaat untuk masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan dengan mudah, Konsula juga memudahkan para dokter yang berminat untuk bergabung di Konsula dengan kemudahan mengatur jadwal praktiknya.

Bisa dibilang, ada jam dimana dokter bisa "praktik online" dengan stand by di depan laptop ataupun gadget-nya untuk memberikan layanan konsultasi kesehatan online kepada para user Konsula.

Saat ini, telah bergabung lebih dari 2.000 dokter dan lebih dari 900 klinik dari seluruh Indonesia.

Buat kamu yang mau mencoba aplikasi Chat dengan Dokter, Telepon dengan Dokter ataupun Cari Dokter di aplikasi Konsula, jam layanannya tersedia mulai jam 8 pagi sampai jam 11 malam, ya! 

Luncurkan Fitur E-Store

Tak puas dengan pencapaiannya, Konsula terus mengembangkan aplikasinya menjadi aplikasi yang paling lengkap dari bidang kesehatan. Pada 27 Juni 2016 kemarin, Konsula telah resmi meluncurkan fitur e-store pada aplikasi mobile yang telah dikembangkannya.


Melalui fitur e-store ini, kita bisa mendapatkan banyak sekali referensi paket-paket kesehatan dan kecantikan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Tampilan E-Store di Aplikasi Konsula yang recommended banget untuk kamu unduh sekarang juga!
Untuk saat ini, terdapat layanan jasa dan paket kesehatan dari kategori kecantikan, gigi, kulit, kesehatan umum, uji laboratorium, medical check up, kehamilan, hewan, serta vaksinasi atau imunisasi.

Menurut saya, keuntungan menggunakan fitur e-store di Konsula ini membantu banget, terlebih lagi buat kita yang memiliki mobilitas tinggi tanpa harus mengesampingkan kesehatan kita sendiri.

Pertama, soal harga.

Biasanya, kita suka meraba-raba nggak jelas soal pricelist berbagai tindakan di rumah sakit atau klinik langganan kita. Dengan Konsula e-store, minimal kita bisa mengetahui berapa sih range harga yang sebenarnya.

Kedua, masih soal harga juga.

Kalau sudah tau range harganya berapa, kita pun bisa membandingkan secara langsung antara rumah sakit/ klinik yang satu dengan yang lainnya. Baik yang sama-sama ada di Konsula atau yang tidak. Kita bisa membandingkan mana yang lebih murah, lebih dekat dengan kita, lebih sesuai dengan kebutuhan kita.

Ketiga, masih soal harga lagi :D

Namanya e-store, e-commerce, marketplace dan lain-lain sejenisnya, pasti selalu memberikan pelayanan terbaiknya lewat harga promo atau special offers. Nah, Konsula e-store tentu juga melakukannya. Ada promo, voucher, yang disediakan secara berkala. Hal ini tentu bisa memangkas budget kita untuk kesehatan, dong? Lumayan, bisa disisihkan untuk ditabung atau untuk keperluan yang lainnya.

Keempat, soal efisiensi waktu dan tenaga.

Kalau udah cocok sama harga dan layanan jasa yang kita pilih, tinggal klik 'BELI' deh, lalu ikuti tahapan-tahapan selanjutnya sampai proses pembayaran. Sisanya, kita tinggal datang ke rumah sakit/klinik yang dituju, langsung ketemu sama dokternya dan melakukan perawatan yang sudah kita beli di Konsula e-store tadi. Mudah banget, kan?

Saya pribadi seneng banget jadi tau range harga perawatan kecantikan di berbagai klinik ternama. Paling enggak, saya bisa masukin beberapa perawatan kecantikan yang ada di Konsula e-store sebagai wishlist saya untuk saya siapin budget-nya mulai dari sekarang :)

Sehat Tanpa Batas dengan Karya Anak Bangsa

Siapa sangka, Konsula ini adalah 100% hasil karya anak bangsa, lho!

Bermula dari ide kreatif dan niat pengabdian dari Shinta Nurfauzia, Johannes Ardiant dan Ronald Wijaya yang bersama-sama mengenyam pendidikan di Amerika Serikat, ketiganya pun membangun bisnis startup berbasis kesehatan yang sebelumnya belum pernah ada.

Ki-Ka : Johannes Ardiant, Shinta Nurfauzia, Ronald Wijaya, para pendiri Konsula.
Hingga akhirnya, lahirlah Konsula. Bermula dari kegelisahan mereka akan tingkat pelayanan kesehatan di Indonesia yang masih belum maksimal, mereka pun berusaha mencari jalan keluarnya. Sebelumnya, ketiga lulusan universitas ternama di negeri Paman Sam ini juga telah melakukan riset.

Hasilnya menunjukkan, terdapat lebih dari 160.000 dokter di Indonesia, dengan 2.000 dokter baru setiap tahunnya. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat Indonesia yang sulit menemukan dokter yang benar-benar sesuai dengan kebutuhannya. Belum lagi, tingginya biaya akan manajemen rumah sakit atau klinik yang digunakan, yang terkadang memakan biaya cukup banyak, padahal yang dilakukan hanya sebatas konsultasi saja tanpa adanya tindakan.

Hal tersebutlah yang kemudian menjadi latar belakang berdirinya Konsula, yang diharapkan dapat menjadi penghubung antara pasien dengan dokter melalui komunikasi yang dilakukan secara online sebelum ataupun sesudah melakukan tindakan-tindakan pada pasien.



Buat janji dengan dokter untuk konsultasi dan tindakan? Bisa.
Tidak bisa keluar rumah lalu konsultasi dengan dokter hanya melalui chat online ataupun telepon? Bisa.
Mencari referensi layanan kesehatan yang sesuai dengan budget? Juga bisa.

Semua telah dihadirkan Konsula dengan apik pada aplikasi yang sangat mobile friendly ini. Tak memakan kuota banyak, begitu juga dengan space di smartphone kita.

Di tengah berkembangnya arus teknologi seperti ini, rasanya segala bidang memang butuh pergerakan ke arah digital, ya. Tak terkecuali, bidang kesehatan. Merupakan hal yang sangat inovatif jika digitalisasi kesehatan sudah bisa dilakukan dengan praktis. Konsula pun telah melakukannya dengan sangat baik. Kamu sudah download aplikasi-nya? Yuk coba dan rasakan manfaatnya!

You Might Also Like

0 Comments