Yuk, Berusaha Menjadi Perempuan Yang Berkarakter Seperti Ini!

11:43 PM

Sebagian perempuan menilai bahwa kecantikan hanya selalu tentang fisik, kulit putih bersih, bebas jerawat, badan tinggi semampai, dan penampilan menarik.

Buatku, penampilan menarik itu memang penting. 100% penting!
Tapi... Harus dibarengi dengan karakter positif yang tertanam di diri kita, tanpa dibuat-buat. Karakter positif harus dipupuk secara alami/organik, benar-benar muncul dari hati nurani kita sendiri. Benar-benar muncul karena sifat kita yang sesungguhnya, mempertahankannya di kala itu benar, membenahinya dikala itu salah.

Mungkin, karakter-karakter positif itu juga yang pada akhirnya memunculkan klasifikasi baru dalam perempuan; wanita idaman.




Terus, karakter-karakter positif apa aja sih yang perlu kita pelajari dan kembangkan?

1. Mandiri
Sebaik-baiknya lelaki yang mau membantu kita, sebagai perempuan kita juga harus berusaha untuk menjadi mandiri ya. Jika memang bisa dilakukan sendiri, jangan pernah sekali-sekali minta bantuan orang lain. Lagipula, terlihat mandiri dan pemberani nggak ada ruginya kan? :D

Eits, tapi jangan terlalu independen juga sih, ya. Kita juga perlu menyadari bahwa hidup selalu butuh orang lain, untuk saling berbagi.

2. Ramah
Indikator ramah nggak melulu punya banyak teman yang tersebar di seluruh Indonesia, meskipun itu bagus, sih. Karakteristik orang kan berbeda-beda, ada juga yang merasa sedikit teman namun semuanya berkualitas itu lebih baik dibandingkan dengan seribu teman tapi hafal nama-namanya aja enggak.

Ramah, bisa diposisikan dengan bagaimana seorang perempuan bersikap kepada sekelilingnya. Peduli, peka, senang membantu tanpa ada yang meminta/menyuruh. Lebih tepatnya dalam pergaulan, supel. Dia mudah membaur dengan siapa saja, dengan lingkungan baru, baik teman-teman sepergaulannya, atau bahkan keluarga lelakinya sekalipun.

3. Family Person
Meskipun latar belakang kehidupan keluarga seseorang berbeda-beda, tetapi perempuan yang selalu memprioritaskan keluarga apapun situasinya, selalu memiliki nilai plus, lho. Mengapa?

Yap, karena pada nantinya, setiap perempuan akan menjadi seorang Ibu. Dimana Ibu memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat dominan dalam mengurus keluarga. Perempuan yang family person atau memprioritaskan keluarganya, cenderung lebih disukai, lebih dipercaya, lebih dewasa dalam menjalankan amanat-amanat tertentu yang berkaitan dengan masa depan.

4. Setia dan Penyayang
Sebagai lambang dari kelembutan, perempuan haruslah bersifat penyayang. Kodratnya, setiap perempuan harus menjadi seorang Ibu. Itulah sebabnya mengapa sifat penyayang yang didalamnya termasuk peka, peduli, rela berkorban, tulus, dan lain sebagainya, menjadi sangat penting untuk ada di dalam hati setiap perempuan. Tak terkecuali, untuk lelakinya nanti.

Kesetiaan juga merupakan hal yang perlu diperhitungkan lho. Karakter setia bisa dibangun dengan cara memberikan dan menunjukkan kasih sayang yang tulus kepada pasangan melalui tindakan-tindakan yang baik dalam sebuah hubungan. Tak perlu romantis, karena sebenarnya romantis atau tidak itu relatif :) Intinya, sifat setia dan penyayang akan membawa kedamaian yang utuh dalam hubungan kita.

5. Tidak Egois
Banyak pepatah mengatakan perempuan itu selalu ingin benar. Sebetulnya tidak juga, sih. Dibalik semua itu, sebenarnya ada banyak hal yang harus dikorbankan, halah. Tapi ya intinya, dalam berhubungan dengan siapapun, entah itu dengan pasangan, dengan teman, dengan rekan kerja, dengan keluarga, dengan mertua, dan lain sebagainya, kita harus bisa menempatkan diri; kapan harus mengalah dan kapan harus memperjuangkan kemauan kita. Disinilah kepekaan kita diuji agar bisa mengendalikan emosi sehingga hubungan baik dengan siapapun dapat terjaga.

6. Pengertian
Apapun yang terjadi di sekitarmu, cobalah untuk mengerti dan memahami keadaannya. Sifat pengertian ini bisa kita bangun dengan berpikir panjang ketika menghadapi suatu keadaan, tidak cepat memutuskan, menghakimi atau berburuk sangka, sehingga kita bisa bersikap sesuai dengan keadaan yang ada tanpa membuat keributan-keributan kecil karena adanya kegegabahan dari diri kita sendiri.

7. Bisa Menghormati Orang Lain
Disinilah letaknya mengapa attitude begitu penting. Sebagai perempuan, etika tentu harus dikedepankan untuk menyempurnakan kecantikan diri kita yang tak hanya cukup dengan penampilan dan rupa saja. Kita harus bisa menempatkan diri bagaimana caranya berbicara, bersikap, duduk, berdiri, menyapa dan lain sebagainya dengan cara yang paling pantas di hadapan orang tua kita, atau orang lain yang lebih tua.

Rasa hormat juga nggak melulu ditujukan kepada orang tua, lho. Bahkan juga untuk orang-orang disekitar kita. Misalnya klien kerja, tamu, guru/dosen, dan tentunya.... Pasangan kita sendiri. Lelaki mana yang tidak menyukai perempuan yang penuh rasa hormat pada pasangannya? :)

8. Cantik Luar Dalam
Karakter ini bisa kita bangun dengan cara mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita. Mengejar mimpi-mimpi kita sebagai perempuan dengan cara yang baik, halal dan tetap di jalan yang benar, agar memiliki manfaat yang besar.

Tak hanya itu, kita juga harus selalu memantau dan memaksimalkan psikologis kita dengan lebih banyak mengenali diri kita sendiri, agar lebih baik lagi dalam menempatkan diri dan menata hati. Caranya? Perbanyaklah me-time, menikmati waktu sendiri untuk merenungkan tentang metamorfosis kita dari kecil hingga sebesar ini. Introspeksi, kenali, identifikasi dan buat perubahan untuk diri kita yang lebih baik setiap harinya.

Intinya sih, jangan hanya mementingkan bedak, lipstik, lulur, salon, masker, tas, sepatu hak tinggi, baju branded dan style kita saja, tapi kita juga harus selalu memaksimalkan kecantikan yang bisa muncul dari hati kita sendiri.

9. Taat Agama
Sebagai calon Ibu, tentunya seorang perempuan harus memiliki fondasi keagamaan yang kuat. Meskipun nantinya akan menjadi seorang yang diimami, namun seorang perempuan akan menjadi guru pertama tentang etika moral baik agama maupun sosial kepada anak-anaknya.

Perempuan yang taat agama juga biasanya cenderung penurut, pengertian dan mampu mengendalikan dirinya maupun emosinya. Ya.. Seberapapun tingkatannya, intinya kita harus memahami dan memiliki ketaatan terhadap ajaran agama kita, sehingga kita dapat mengantarkan orang-orang tersayang untuk bahagia di dunia maupun di akhirat.

10. Cerdas
Siapapun tentu lebih menyukai perempuan yang enak diajak ngobrol dan nyambung diajak berbicara apa saja. Prestasi demi prestasi diraih, wawasan dan pengetahuan terus dimaksimalkan.

Kita bisa membangun karakter ini tentunya dengan banyak cara. Membaca, menulis, melakukan hobi yang sesuai dengan passion kita, memperluas jaringan pertemanan adalah beberapa caranya. Ingat, perempuan yang cerdas akan menghasilkan anak-anak yang cerdas. Dan untuk memperoleh semua itu, kita harus berusaha menggapai semuanya dengan ketekunan.

11. Inspiratif
Ah, ini sih susah dibicarakan. Tapi intinya, jika kita sudah bisa membangun karakter nomor 1-10 dengan baik, kita layak kok disebut perempuan yang inspiratif dan dewasa :)

Yuk, sama-sama memperbaiki dan mengembangkan diri lagi! Semoga berkah untuk aku, kamu dan kita semua.


Much love,
Putrie 

You Might Also Like

2 Comments

  1. Aww ini wanita dan istri idaman sekali yah ^^

    amiin semoga bisa menjadi seperti itu. salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yaaah, semangaaaaat ^^
      Salam kenal juga mba Laili, terima kasih sudah mampir :)

      Delete