Cara Meredakan Nyeri Gigi Berlubang

10:01 PM

Hai, mau share tips & trik kali ini. Kebetulan aku lagi sakit gigi, dan rasanya sakit sekali. Tambah sakit karena sakit gigi adalah penyakit yang mau parahnya kayak apa juga ga ada yg nengok! Wkwkwk. 



Sebenernya sih, aku dari kecil selalu rutin ke dokter gigi enam bulan sekali, bolong dikit tambal, miring dikit cabut. Hasilnya, Alhamdulillah gigi rapih indah mempesona, halah :p

Mulai SMA udah malas ke dokter gigi, merasa bangga punya gigi sehat di saat temen-temen banyak yang sakit gigi bahkan sampe ga masuk sekolah. Merasa gigi udah aman banget disaat temen-temen pada pakai behel, mulai dari yang beneran untuk kesehatan sampe cuma buat gegayaan.

Lalu, aku pun bercita-cita jadi dokter gigi. Karena apa ya.. Ya seru ajah! Terutamanya sih karena merasa ideal dan gigiku sehat, jadi bisa kasih contoh dan bawa misi sosial ke banyak orang kalau udah jadi dokter gigi yang berhasil.

Pada akhirnya, takdir membawa aku menjadi seorang Humas, bukan seorang dokter gigi.
Dan pada akhirnya juga,
Kali ini aku diqodar sakit gigi dengan tingkat terparah di dunia perdoktergigian (kata dokternya sih gitu) *SEDIHHHHHH*

Semua bermula dari makan keripik pisang!!!! Jaman semester 7 kuliah, hmm.. sekitar setahun yang lalu. Alhasil gigiku patah separo, dan itu gigi geraham, but everything is well at the moment, masih bisa lanjut ngunyah, bolak-balik ke dokter gigi pas di Jogja pun nggak ada masalah, cuma di tambal aja.

Lama nggak ke dokter gigi karena emang gak ada masalah sama gigi-gigiku ini, tiga minggu terakhir si gigi yang tinggal separo itu ngilu abis. Sempet ngecek sih pas di Jogja sebelum wisuda dulu, kata dokternya si gigi separo itu lubangnya udah dalam dan lebar, dan udah sampai syaraf. 

Pilihan dari dokternya sih, dimatiin syarafnya pakai obat suntik, terus harus bolak-balik kontrol untuk nyalain syarafnya lagi, baru bisa dikasih tindakan : ditambal atau dicabut. Tergantung tingkat keparahannya semana.

Pas itu nggak mau, karena nggak berani ambil resiko, apalagi jauh dari orang tua. Belakangan ini kambuh lagi, lalu ke dokter, akhirnya ditindak dengan cara yang sama. Iya, syaraf gigi gue udah berasa kayak saklar lampu, dimatiin-dinyalain :)))

Ngeliat tindakan yang sebegitu serem dan beresikonya, secara ya berhubungan ama syaraf, aku jadi berpikir, "Untung dulu nggak jadi dokter gigi!!!"
Tindakannya serem! Kalaupun emang beneran aku jd dokter gigi, kayaknya nggak sanggup deh barbie ngejalaninnya haha, ngilu bgt :(

Alloh memang memberikan apa yang terbaik buat hamba-Nya ya.. Seenggaknya ada berbagai pelajaran yang bisa aku ambil dari sini.

1. Kita selalu melihat harapan, target, cita-cita, dll itu dari segi sempurna/idealnya aja. Padahal setiap keinginan itu pasti ada konsekuensi, tanggung jawab, bahkan beban yg harus dipikul dibaliknya. Harus ingat bahwa setiap hal yang kita inginkan itu ada impactnya, baik untuk kita sendiri, orang lain, ataupun lingkungan kita. Ya.. harus dipikirkan matang-matang jangan cuma baiknya aja, supaya bisa lebih bertanggung jawab dan bersyukur.

2. Apapun yang kita punya di dunia, harta, apalagi cuma soal fisik, semuanya hanya titipan. Allah bisa merubah, mengganti bahkan mengambilnya sewaktu-waktu kalau memang Allah mengqodarnya. Jadi, nggak ada kan yang perlu disombongkan?

3. Percayalah, dulunya aku paling happy kalo diajak ke dokter gigi. Dan sekarang aku jadi dental phobia. Suka ngilu sendiri kalo denger atau ngeliat peralatan dokter gigi. Huuft. Semoga kalian semua yang baca ini nggak seperti ini, ya!

Nah, karena kmarin pas sakit ngilu-ngilu itu aku nggak langsung bawa ke dokter, karena masih mikir-mikir, takut, belom siap, hahaha.. Aku mau share tips buat kalian semua cara untuk meredakan nyeri pada gigi berlubang. 

Sebenernya bukannya ngajarin nggak ke dokter gigi sih, as I told you before, kalaupun sekarang lubangnya masih kecil, ya buru atuh ke dokter gigi! Makin cepat ditambal makin baik, biayanya juga nggak akan setinggi kalo nambal lobang yang udah dalem, karena tindakannya makin banyak. Semakin dibiarin lubang giginya, maka semakin dalam juga dan yang terparah bisa sampai ke syaraf kayak yang aku alamin. Kalau udah gitu, cenat cenutnya ngalahin lagunya Smash, please!!!! Sampe ke kuping dan kepala.

Nah, ini dia Tips Meredakan Nyeri Gigi Berlubang ya..

1. Berdoa
Ini bukan opsional sih, tapi wajib. Tapi pasti kalian yang baca ini bilang gue nggak serius deh!! Tapi beneran kok, tanpa doa, semua usaha akan sia-sia. Silahkan berdoa minta diberikan kesembuhan dan kesehatan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Berdoa, mulai....

Oke, lanjut ke nomer 2.

2. Kompres dengan menggunakan es batu
It works, dude!!! Ambil serbet atau kain, taruh es batu di tengah-tengahnya, kerucutkan kain mengikuti bentuk es batu, lalu ikat dengan karet. Tempelkan bagian kain yang ada es batunya ke pipi yang ada gigi sakitnya, haha. Biasanya aku pake dua es batu, itu bisa sektar 15-20 menit. Tergantung nyerinya sih, kadang ilang sampe ilang banget, kadang juga masih ada ngilunya dikit. Tapi yaudahlah namanya juga usaha, hahaha.

3. Jangan ada di ruangan yang panas/gerah
Percayalah, kondisi yang panas dan gerah berpengaruh banget sama mood dan sugesti kita saat sakit gigi. Kalau ada ruangan ber-AC, segeralah pergi ke ruangan tersebut. Kalau nggak ada, deket-deket aja sama kipas atau blower. Kalau darurat banget, misalnya lagi di outdoor gitu.. Ya, sedia kipas sate lah buat ngipas-ngipas cantik soalnya menurut gue cuma kipas itu doang yg anginnya kenceng sekali goyang, hahaaa. Intinya pergilah ke ruangan yang adem/dingin untuk menenangkan si gigi yang sakit, supaya nggak uring-uringan juga.

4. Kumur dengan air garam
Coba aja, nggak begitu ekstrim kok. Soalnya cuma buat kumur doang. Asin-asin gimana gitu di rongga mulut. Kandungan garam akan bereaksi pada gigi dan bisa membunuh bakteri-bakteri jahara yang bikin gigi kita sakit. Kalau ditakar dari nilai 1-10 sih, di gue cara ini cuma dapet nilai 6 lah. Tapi setidaknya feels better.

5. Minum atau kumur dengan air hangat
Parno ama garem? Kumur aja pakai air hangat. Tapi kalo aku prefer buat minum aja air hangatnya. Selain ngeredain nyeri 1%, yailaaa 1%, bisa buat melegakan tenggorokan juga euy.

6. Bawang merah bawang putih
Ini bukan judul sinetron ya! Tapi menurut beberapa sumber sih, bawang merah atau bawang putih bisa membunuh bakteri-bakteri jahara yang ada di gigi. Bisa dikunyah di gigi yang sakit, atau dihaluskan dulu lalu ditempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit.

Aku nggak nyoba cara ini. Pait pait pait.

7. Beli obat peredam rasa nyeri sementara
Entah kenapa ya, sepengalaman aku ke dokter gigi, malah nggak ada yang pernah ngasih dua obat peredam rasa nyeri sementara yang biasa aku beli di apotik, Cataflam dan Ponstan (bukan uhuy). Aku biasanya minum salah satu dari dua obat itu kalau lagi darurat aja, misalnya belum ke dokter gigi tapi nyeri gigi minta ampun. Ingat! Darurat aja ya..

Karena kebanyakan minum obat juga nggak baik. Belum lagi kalau dosisnya kurang pas. Apalagi sakit gigi itu penyembuh utamanya adalah tindakan, bukan obat.

8. Kumur pakai obat kumur
Ini sih sakit nggak sakit sebenernya harus rutin dilakukan kayak gosok gigi, karena tujuannya adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri jahara yang semakin menjadi-jadi.

9. Gosok gigi pake pasta gigi khusus gigi sensitif
Ini juga lumayan bereaksi loh. Aku biasanya pakai Pepsodent atau enggak Sensodyne. Tapi kalo lagi nggak sakit gigi, pake pasta gigi apa aja juga jadi mah. Gosok giginya agak lama, untuk mendinginkan mulut aja sih sebenernya kalo lagi nyeri, tapi pas di gigi yang berlubang jangan terlalu digosok-gosok ya. Makin ngilu yang ada :))

10. Mau sakitnya 100% hilang? Ke dokter gigi, periksa dan konsultasi!
Nah ini nih. Pelajaran banget juga sih, buat aku. Ke dokter gigi jangan nunggu sampe sakitnya udah parah. Selain bakalan bikin kita meringis karena tindakan-tindakannya banyak dan bikin ngilu, bakalan bikin dompet meringis juga :p

Pilih dokter gigi yang enak, nyaman, dan mau cerita panjang lebar soal masalah yang kita alamin. Jadi, kitanya juga tau dengan jelas sebenernya gigi kita ini kenapa, kok bisa begini karena apa, kesalahan kita apa, harus dilakukan tindakan apa, estimasi biayanya berapa, berapa kali harus kontrol, dsb.

Itu dia 10 tips Cara Meredakan Nyeri Gigi Berlubang. Semoga kita semua tidak melalaikan nikmat sehat yang dikasih Allah ke kita, ya!

Salam,
Putrie

You Might Also Like

2 Comments

  1. nice bgt nih infonya mba, penting bgt untuk pertolongan pertama pas sakit gigi huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa makasih mba Andina udh mampir, semoga bermanfaat :)

      Delete