Surat Favorit dalam Al-Qur'an; Ar-Rohman

5:29 PM


Al-Quran itu bisa dicintai, kan, ya? Saya cinta Al-Qur'an, saya cinta Allah, cinta Rasul, cinta pokoknya cinta! :)

Semoga membaca ayat suci Al-Qur'an (yang akan dihitung menjadi amalan), bisa menjadi hobi kita semua, ya! Amiin :')

Kalo ditanya, apa sih, surat favorit kamu dalam Al-Quran?
Mmm, kayaknya semua ayat suci Al-Quran itu bagus, ya. Nggak ada yang buruk. Semuanya bener-bener menunjukkan kekuasaan Allah, dan bisa menjadi acuan serta pedoman kita selama hidup di dunia.


Cuma, ada sih satu surat yang paling aku suka.. Hihi.
Yup! Ar-Rohman, nomer surat 55 :)


Dari namanya udah jelas, dong. Surat ini bernamakan salah satu sifat Allah, Ar-Rohman, yang artinya Maha Pengasih.

Dalam surat ini, Allah benar-benar menunjukkan bahwa seluruhnya yang ada di muka bumi adalah nikmat dari Allah, yang seharusnya selalu disyukuri.
Begitu juga dengan adzabnya bagi orang-orang yang nggak mensyukuri nikmat Allah tersebut.
Nah, jelas kesimpulannya selain membahas tentang kasih sayang Allah kepada seluruh ciptaan-Nya di bumi, surat ini juga menyiratkan perintah untuk kita selalu bersyukur! :)

Fa biayyi alaa-i Rabbi kuma tukadzdzi ban.. Ayat ini disebutkan berulang-ulang dalam Ar-Rohman dg begitu indahnya.
Ada 31 kali, dan itu tuh bagus banget :)


Maknanya bagi kita? Sederhana. Sangat sederhana.
Manusia harus menyadari dan mensyukuri nikmat apapun yang diberikan Allah, sekecil apapun itu.

Maka nikmat Allah yang manakah yang kamu dustakan?
Allah Maha Baik sudah memberikan segalanya. Kadang kitanya yg masih mengeluh, "ngiri"-an, putus asa, bahkan sampai dengki, susah lihat orang lain senang, senang lihat orang lain susah. Naudzubillahi min dzaalik..

Coba disyukuri, minimal setiap bangun tidur, baik di pagi hari atau di sepertiga malam.
Renungkan.. 

Paling tidak atas diri kita sendiri:
Kita masih dikasih waktu hidup, masih punya organ tubuh yg lengkap dan berfungsi baik, nikmat sehat, masih bisa sholat, punya uang, bisa sekolah, punya kerjaan, punya orang tua dan keluarga yang lengkap, bisa ngaji, baca Quran, bisa makan.. Dan lain2 yg bahkan ga bisa dihitung..
Nikmat2 yang kadang dianggap sepele padahal maknanya luar biasa. Nikmat yang kadang lupa disyukuri karena kita terlalu banyak meminta.

Dari surat Ar-Rohman ini, aku bisa sedikit menganalisis gimana sih efeknya rasa bersyukur yang kita terapkan dalam keseharian kita.

Menurutku, bersyukur itu punya dua efek.

Pertama, untuk diri kita sendiri.

Artinya, kita semakin menyadari apa aja nikmat Allah yg udah dikasih buat kita. Segimananya sih kita disayang sama Allah.

Hal ini akan membuat diri kita lebih dekat sama Allah, makin semangat untuk cari rezeki dan pahala. Syukur-syukur dibarokahkan untuk sabilillah, tanpa harus mengikuti bujukan syaithan untuk "peduli dan repot" dengan takaran rezeki orang lain.
Yup, kita akan lebih tenang dan bahagia menjalani hidup dengan bersyukur.

Kedua, efek bersyukur juga bisa untuk orang lain.
Kok orang lain? Bukannya bersyukur itu sebatas hubungan kita dengan Allah?
Nope! 

Jadi gini,
Dengan mensyukuri nikmat yang ada, harusnya kita bisa memaksimalkan nikmat-nikmat tersebut supaya bermanfaat untuk orang lain. Contohnya sodaqoh. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama, bukan? ☺


Nikmat nggak melulu soal uang dan harta kok. Sehat, bakat, kepintaran, keahlian dll, juga merupakan nikmat. Jadi bisa dimaksimalkan potensinya supaya bs manfaat ke orang lain juga :)

Jadi, sekecil apapun nikmatnya, syukuri! Karena sesungguhnya itu besar.....
Selalu bersyukur juga Alloh masih paring akal, niat, hati, iman, jiwa, batin, pikiran yang kuat dan masih bisa "diajak" untuk mengagungkan kekuasaan Allah :)

Dan yang terpenting, jangan sering berpikir 'Jangan lupa bahagia'
tapi 'Jangan lupa bersyukur',


karena kalau bersyukur itu pasti bahagia, kok. Dijamin, deh! Karena Allah juga udah janji akan menambah nikmat kita :)
Salam!

#ckums #personalthoughts
Catatan kecil untuk masuk surga :)


You Might Also Like

0 Comments