Cyber and New Media Fest 2014

1:16 PM

Akhirnya melaksanakan event lagi, yes. Event kali ini digelar bareng temen-temen satu jurusan, prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. Alhamdulillah jadi event yang total, karena pelaksanaannya bener-bener mempraktekkan dunia humas dan advertising yang kita pelajari selama ini.

Event Cyber and New Media Fest 2014 ini digelar sebagai tugas akhir dari mata kuliah Cyber and New Media. Ya.. kita semua pasti tau kalo kemajuan teknologi juga mempengaruhi perkembangan komunikasi. Yang dulunya komunikasi harus tatap muka, sekarang bisa lewat media sosial, email, blog, dsb. Nah, cara kita mengemas sesuatu melalui media baru (internet) yang sesuai dengan manajemennya, menjadi inti dalam mata kuliah ini. Oh ya, dosen pengampu mata kuliah ini namanya Fajar Junaidi, beliau penulis buku juga. Beliau dosen gaul yg asik banget kalo ngajar, hehe. Bisa langsung cek ke linimasanya @fajarjun

Anak-anak Ilmu Komunikasi 2011 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dipecah menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 8 - 10 orang. Nantinya, kelompok-kelompok kecil ini akan buat program yang sesuai dengan kreativitas masing-masing yang terkait dengan new media atau internet. Target audiensnya bebas, mau masyarakat desa, kota, anak-anak, dewasa, lansia dan sebagainya, sesuai dengan program yang dirancang. Ada yang ngadain pelatihan internet buat masyarakat desa, ada yang ngadain sosialisasi promosi jualan lewat media sosial, ada yang mengenalkan budaya lewat medsos, macem-macem deh.

Kalo kelompok aku? Apa?
Here it is.



 Jadi kelompok aku namanya Permainan Bocah yes. Lewat program ini, aku dan teman-teman menunjukkan kepedulian kita pada anak-anak jaman sekarang yang permainannya totally gadget. Padahal, Indonesia punya banyak banget permainan tradisional yang wajib dilestarikan. Bahkan, menurut kita, permainan tradisional itu juga merupakan budaya. 

Jadi,  lewat Permainan Bocah, aku dan teman-teman berusaha melestarikan permainan tradisional Indonesia dan mengenalkannya ke anak-anak masa kini yang mainannya hanya gadget. Actually kita nggak berusaha menghilangkan gadget dari hidup mereka, karena kita juga pro lah dengan kemajuan teknologi, dan kita nggak bisa menolak. Tugas kita, tentu mengarahkan anak-anak supaya bisa meliterasi apa aja dan bagaimana menggunakan gadget dengan bijak. Kita berusaha mengenalkan mereka permainan tradisional seperti kelereng, petak umpet, balap karung, bentengan, taplak meja, lompa tali, gobak sodor, bola bekel, etc, dan mengajak mereka bermain bersama-sama. Kita berusaha menyediakan mereka pilihan kebahagiaan lain, bukan hanya melalui gadget, yang pada dasarnya juga akan berpengaruh pada kemampuan sosial mereka.

Postingan tentang pelaksanaan program Permainan Bocah pada anak-anak kota masa kini, bisa dilihat di postingan selanjutnya yah/

Dan buat yang mau liat pelaksanaannya, bisa klik Youtube kami, http://www.youtube.com/watch?v=70kuf4NwpWQ, dan lain-lain masih banyak video lainnya bisa dilihat disana :D

Then, let me tell you about this exhibition event.
Cyber and New Media Fest 2014.



Konsep event ini sih pameran program-program yang udah kita jalanin. Of course aku bikin booth yang isinya program Permainan Bocah, ada unsur budaya dan pelestariannya. Makanya kita pake batik.

ini booth Permainan Bocah. Foto-foto yang dipajang itu, foto-foto kegiatan pengenalan permainan tradisional ke anak-anak kota :)

Dalemnya laptop, yes. Buat pamerin akun Youtube yang kita buat. Memanfaatkan new media untuk mengenalkan permainan tradisional ke khalayak ramai.

The only one booth kelompok lain yang aku foto. Sibuk motret booth sendiri dan lupa motret suasana pameran :|
Ini booth temenku, dia ngangkat pembelajaran fotografi lewat internet.

Foto-foto kegiatan Permainan Bocah.

oh, ini booth kelompok lain juga yang melestarikan alat musik tradisional melalui internet.

booth Permainan Bocah selalu ramai dikunjungi pengunjung, karena kita juga menyediakan beberapa permainan tradisional yang bisa dimainkan, seperti enggrang, dakon, dan bola bekel. Such a nostalgia!

Sama teman-teman dari kelompok lain.
Ini tim Permainan Bocah bersama bu ketua yaitu gue haha. Oke fix, this group has a great teamwork.

I'm proud!

Mungkin segini dulu aja. Sampai jumpa di Cyber and New Media Fest 2015 tahun depan, dengan konsep yang makin bagus dari tangan-tangan adik tingkat angkatan 2012.


Fakultas.
Dan di akhir acara, kita foto-foto full team. Gak kerasa ini akan jadi event bareng2 seluruh anak Ikom UIN 2011 yang terakhir, karena selepas semester ini kita udah akan sibuk dengan masing-masing, magang, KKN, Skripsi. Yaaa semoga ini bukan moment terakhir kita untuk kumpul bareng kayak gini ya..


Say cheeers! Can you find me?

See you in another post. 
Bye!


Yogyakarta, 5 Juni 2014
Ikom UIN Sunan Kalijaga YK anaknya kreatif-kreatif.

You Might Also Like

0 Comments