Tidak Pernah Ada Kegagalan, yang Ada Hanya Pelajaran

8:00 PM


Cause failure is not the opposite of success, but part of it.
Ingat bahwa posisi yang kita keluhkan saat ini mungkin yang diinginkan orang lain dalam waktu yang sama.

Laa yukallifullahu nafsan illa wus ahaa.
Allah ngasih kita cobaan pasti sesuai dengan porsinya.
Bersyukur bagi kita yg bisa merefleksikan bahwa segala hal yang dikasih Allah itu bukan tanpa alasan.
Pasti ada maksudnya.

Tau sistem kerja reward and punishment?
Dalilnya, Allah Yang Maha Kuasa pun seperti itu.

Kalau kita bersyukur, nikmat ditambah.
Kalau kita kufur, Allah murka.

Maka refleksikanlah atas tantangan yang kamu hadapin sekarang,
apakah itu adalah hukuman atas perbuatanmu,
atau justru adalah hadiah karena derajatmu akan ditinggikan.

Tapi aku selalu nganggep keduanya; tantangan/masalah adalah punishment sekaligus reward buat aku utk jadi lebih baik dari sebelumnya.

Jalan keluar dan setelahnya akan selalu baik kalau pandanganmu juga baik terhadap tantangan yang kamu hadapi.

Kalau sadar itu punishment,
maka berubahlah menjadi lebih toat.

Kalau sadar itu reward,
maka tingkatkan taqwa dengan bertawakal,
ikhtiar dan terus berdoa.

Intinya muhasabah,
refleksi diri sendiri dan tetep khusnudhon billah.

I trust Allah Maha Baik,
Ia pasti akan memberikan jalan yg paling tepat untuk hamba-Nya.
Itulah sebabnya mengapa kita harus istirja,
ikhlas, usaha, doa.
Supaya qodar baik selalu deket sama kita.
Supaya ridho Allah selalu membarokahkan hidup kita.
Dan Allah menerapkan ini tanpa terkecuali pada seluruh hamba-Nya.

Jadi intinya,
hidup orang itu ritmenya sama,
cuma kasusnya aja yang berbeda-beda.

Fase pengen nyerah pasti pernah dialami oleh setiap orang, sehebat apapun dia.
Yang terpenting, kita bisa berpikir ulang sebelum menyerah dan meyakini,
bahwa dalam fase tersebut ada campur tangan Allah di dalamnya.

Yakin mau nyerah? Aku sih NO!
Karena kalo tantangan ini udah lewat,
pasti bakalan jadi cerita,
yang mungkin bisa bikin ketawa khususnya nanti di masa tua.

Dan kalau tantangan ini udah lewat,
bakalan ada tantangan-tantangan lain yang lebih hebat lagi,
dan akan ketemu lagi dengan fase down,
pengen nyerah, semangat penyelesaian, challenge accomplished, tantangan baru, dan begitu lagi seterusnya.

Siapapun kamu yang baca ini, semangat ya! Kamu nggak sendirian! Apapun tantangannya, jadikan doa dalam setiap waktu kamu mendekatkan diri sama Yang Maha Punya! :)

---

#EmpoweringWomanNow
This article also posted at @intantyaputrie's Instagram.

You Might Also Like

0 Comments