Ini Cara Bersikap Saat Dipandang Sebelah Mata

4:53 PM


 Jadi waktu itu ceritanya saya diremehin oleh salah satu senior saya di sebuah komunitas. Komunitas lho ya, bukan kerjaan.

Dengan santainya dia bilang,

"Lo bisa nggak Put nulis bahasa Inggris? Kalau si X sih bisa, udah bolak-balik Aussie tiap bulan."
"Bisa, kok."

Terus tau gak jawabannya apa?

"Nggak usah sok jago, lu..".

---

Disitu saya diem, tapi sebenernya tersinggung sih. Sebenernya pengen langsung bicarain aja semuanya soal apa aja yang udah saya capai, tapi ya buat apa juga :)

Maka,
yang saya lakukan saat itu adalah...

Saya tetap melaksanakan tugas saya dg sebaik mungkin. Fokus pada tanggung jawab, memberikan yang terbaik.

Saya selalu inget pesen Papa saya, jangan jadi orang yg banyak omong kosong, tunjukkan dengan prestasi dan movement, buktikan dengan karya yang dihasilkan... Gitu.

Hasilnya, tulisan saya akhirnya punya feedback yang sangat baik, bahkan sangat menguntungkan komunitas.

Nggak lama kemudian saya liat orang yang ngeremehin saya itu, ternyata baru diwisuda S1 setelah kuliah sekian tahun lamanya :'D

---

Ngingetin aja sih, biar gimanapun juga, ngeremehin orang itu nggak boleh. Hukum adat manapun nggak akan ada yang memperbolehkan :)

Apalagi kalo nggak tau persis yang diremehin itu siapa, bisa jadi, yang diremehkan justru lebih tinggi levelnya daripada kita kan :)

Intinya, kita nggak perlu susah payah menjelaskan siapa kita untuk sebuah pengakuan, cukup buktikan aja dengan karya dan pencapaian.

Kembangkan diri untuk kebaikan diri sendiri, bukan untuk validasi atas pengakuan orang lain.

Nggak perlu merendahkan orang lain hanya untuk terlihat tinggi, karena hal tersebut justru akan semakin menyesatkan diri kita sendiri.

Langit tidak akan pernah mengatakan dirinya tinggi, karena... di atas langit masih ada langit.

Begitu juga dengan kualifikasi yang kita miliki, akan selalu ada yang lbh baik daripada kita kan..

Tapi kalau kita mau selalu belajar disertai dg kerendahan hati,
trust me, your self-value will be increased more than you expect. People will know you're good if you're good, kok.

Menghargai orang lain adalah tidak meremehkan org lain. Dengan siapapun itu, pekalah terhadap perasaan mereka.

Lagipula.. Manusia itu kan makhluk sosial, akan selalu butuh orang lain dalam setiap kebutuhan hidupnya.

Jangan pernah sombong karena semuanya hanya titipan, jangan menghina, berusahalah memahami sesuatu dari berbagai sudut pandang sehingga emosi bisa lebih tertata untuk menjaga perasaan orang lain.

Respecting people will guides your manners. Make sure you always have good attitude wherever you go ❤

#EmpoweringWomanNow

You Might Also Like

0 Comments