Being A Speaker for Welcoming Expo 2017; Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

7:41 PM

Alhamdulillah! Seneng banget deh rasanya bisa berbagi ilmu dan pengalaman untuk almamater tercinta. Nggak nyangka aja kalau prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memilih saya untuk jadi mentor sekaligus pembicara di acara Welcoming Expo 2017.


Setelah sekian lama nggak ke kampus after being alumni, akhirnya balik lagi. Bukan buat reuni, tapi untuk berbagi inspirasi. Pertamanya nggak nyangka, ternyata udah cukup banyak adik-adik kelas saya yang udah tau atau kenal saya. Padahal, pas saya lulus, mereka belum ketemu saya dan saya udah keburu balik pulang ke Jakarta duluan.

Jadi, Welcoming Expo ini adalah event tahunan fakultasku, yang tujuannya untuk mengenalkan jurusan Ilmu Komunikasi lebih dalam kepada mahasiswa baru.

Nggak cuma itu, event ini juga jadi ajang keakraban antara senior dan junior, khususnya melalui komunitas-komunitas internal kampus seperti Public Relations Officer sebagai komunitas PR, IDEKATA Penulis Muda sebagai komunitas menulis dan jurnalistik, IKOM Radio sebagai komunitas radio/broadcasting, KOSTRAD sebagai komunitas periklanan, dan juga NEON sebagai komunitas fotografi.

Nggak cuma pengenalan komunitas, Welcoming Expo juga mengadakan kuliah umum dengan mengundang praktisi-praktisi handal sesuai dengan konsentrasi yang ada di prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga sendiri. Biasanya, di acara puncak, ada party, sih. Hehehe.


Acara Welcoming Expo sendiri sudah ada sejak tahun 2010, which is satu tahun sebelum saya jadi mahasiswa di sini (saya angkatan 2011 dan lulus tahun 2015). Jadi bener-bener kerasa terharunya; waktu dulu pas maba disambut dengan event Welcoming Expo 2011, kemudian jadi panitia event Welcoming Expo 2012, lalu waktu jadi BEM Fakultas mentoring untuk event Welcoming 2013. Terus tahun 2014 fokus skripsi, 2015 lulus. Dan tahun 2017 dipanggil sebagai pembicara untuk acara Welcoming Expo. Time flies, waktu berjalan cepet banget MasyaaAllah..

Seneng banget rasanya balik lagi ke kampus dan ketemu dosen-dosen yang dulu mendidik saya. Honestly saya termasuk mahasiswa yang suka banget 'nongkrong' di prodi, even pas jaman kuliah saya sering hangout sama beberapa dosen saya dan terlibat juga ke beberapa project penelitian mereka.

Makanya, sebuah kehormatan tersendiri buat saya, balik lagi ke kampus sebagai pembicara untuk adik tingkat sebagai representasi alumni dari sisi praktisi komunikasi. Bersyukur banget waktu Pak Dekan dan Pak Kaprodi tersenyum bangga dan mengucapkan terima kasih ke saya, rasanya tuh kayak semangat langsung keisi full lagi.... Pengen belajar lagi, belajar terus, insyaAllah demi ilmu yang barokah dan bermanfaat yaa...

Bersama Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, dan jajaran staf Fakultas dan Prodi.
Di acara kemarin, saya sharing tentang dunia komunikasi dan kaitannya dengan menulis. Saya juga memberikan beberapa gambaran karir dan tren komunikasi masa kini supaya para mahasiswa-mahasiswi baru bisa lebih dini mempersiapkan dan mengarahkan kemana passion mereka nantinya. 

Secara komunikasi itu banyak banget cabangnya kan.. Terlebih lagi jurusan yang dibilang sebagai salah satu jurusan terlaris di Indonesia ini nggak dibarengi dengan lapangan kerja yang memadai, karena saingannya bukan cuma dari jurusan komunikasi aja, mengingat Ilmu Komunikasi bisa dipelajari siapapun, nggak seperti ilmu eksak yang harus dipelajari secara khusus.

The Power of Affirmation

Mau cerita dikit, deh. Jadi dulu saya pernah punya cita-cita untuk sharing ilmu yang aku punya ke almamater sendiri. Target itu saya tulis untuk menggantikan target saya yang baru saja saya coret, yaitu menjadi lulusan terbaik dan tercepat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan Alhamdulillah, kemarin benar kesampaian. Kemarin juga, saya mencoret target tersebut dan menggantikannya dengan target yang baru. Target barunya apa? InsyaAllah akan di-share setelah terealisasikan ya.. :)

Yang perlu digarisbawahi di tulisan ini bukan soal target-target saya, ya. Melainkan pesan saya tentang "The Power of Affirmation". Dari dulu, saya percaya banget bahwa kekuatan mimpi itu benar-benar ada. Selama kita konsisten dengan usaha dan doa yang maksimal, semuanya pasti bisa terwujud atas izin Allah. As cheesy as it may be, it worked for me. Alhamdulillah.

My outfit for Welcoming Expo 2017
Apapun yang kamu pengen capai, coba aja tuliskan atau visualisasikan. Apa aja caranya, terserah kamu. Saya rasa setiap orang akan punya cara yang berbeda-beda, entah itu digambar, tempel-tempel foto di dinding, bikin scrapbook, atau tulis di jurnal.

Karena saya anaknya 'nulis' banget, saya biasa nulis mimpi dan target saya di jurnal pribadi saya. Nggak boleh ada satupun yang tau soal itu! :p

Saya nggak menetapkan waktu atau deadline untuk masing-masing mimpi tersebut, karena saya mau menjalani semuanya sesuai dengan garis takdirnya Allah, yang penting sejauh apapun itu saya akan berusaha untuk menggapai apa yang sudah saya tuliskan. Setiap ada satu mimpi yang tercapai, saya mencoret poin mimpi tersebut kemudian menggantikannya dengan target yang baru. Begitu seterusnya :)

Saya percaya, memvisualisasikan mimpi itu bisa membuat mimpi itu lebih dekat. Membuat kita selalu semangat untuk mengejarnya. Keep working for it saat itu juga setelah kamu memvisualisasikan semuanya.

"Good things won't happen to those who wait. They happen to those who work hard, and pray harder."

Kuncinya; jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. There's no 'someday'! Someday doesn't exist. Kamu pasti bisa merealisasikan semuanya kalau kamu berusaha dan berdoa, dan semua targetmu akan tercapai tepat pada waktunya sesuai dengan garis yang sudah ditetapkan Allah.

I wore - Top: This Is April | Pants: Et Cetera | Bag: The Executive |
Hijab: Tie Rack | Shoes: Alive
Capturing moment with my LO, Nisa from Ikom 2015. Thankyou Nisa!
Support system as a friend!
So now, picture or write your dream, measure it, and work for it. Work, pray, repeat. See you there with your achieved goals... :)

You Might Also Like

0 Comments