Tips Menulis 101: Idealnya Menulis Berapa Hari, Sih?

11:24 AM

Someone ask me; idealnya satu buah tulisan dikerjakan dalam berapa hari?

Tergantung jumlah kata atau panjang artikelnya. Kalau saya, diatas 2000 kata mungkin bisa sampai 3-4 hari. Dua hari mungkin bisa, kalau nggak ke-distract kerjaan lain :))


Porsinya:

Hari ke-1
Susun konsep dan bikin draft. I mean, nulis aja semaksimal mungkin. Masalah kosa kata, nanti bisa diakalin di tahap editing. Fyi, ini bisa jadi proses terlama, dan bisa aja molor jadi dua hari atau lebih hehe. Entah mengarang atau pakai referensi/sumber, intinya pada tahap ini otak kamu benar-benar diajak berpikir.

Hari ke-2
Koreksi kata. Kalau semua udah ditulis sesuai dengan konsepnya, baca ulang. Koreksi typo, pengulangan kata, struktur kalimat yang salah atau kurang enak dibaca, dll. Hari ke-2 juga waktunya untuk memastikan apakah materi tulisan kamu udah lengkap atau belum. Kalau ngarang, cek alur ceritanya udah benar atau belum. Kalau pakai sumber atau referensi (misal, laporan, jurnal, dll) cek lagi apakah sumbernya udah benar atau belum.. Udah lengkap atau belum..

Hari ke-3
Saatnya melengkapi! Baca ulang secara seksama, koreksi typo dan kosa kata, tambah-tambah gambar dan data lainnya jika ada. Di hari ke-3 ini, kamu juga harus melakukan "membaca dengan hati".

Membaca dengan hati adalah memposisikan diri kamu sebagai pembaca. Baca ulang tulisan yang kamu buat, dan rasakan sejauh mana tulisan itu menyentuh hati kamu.

Misal, kamu nulis opini, apakah tulisan tersebut udah bisa menggiring pikiran masyarakat untuk setuju dengan opini kamu yang sudah dipastikan objektif?

Misal, menulis artikel kecantikan, apakah tulisan tersebut udah bisa membuat pembaca mengerti, sepaham dan tergerak untuk melakukan tips-tips yang kamu kasih?

Misal nulis cerita, apakah udah bisa bikin pembaca 'baper' dengan tulisan kamu? Entah untuk ending yang bahagia atau sedih..

Di tahap ini kamu harus bisa memilih kosa kata yang tepat untuk menggerakkan hati pembaca ceileee...

Kalau sudah mantap, tinggal publish, deh! Ini berlaku untuk semua penulisan sih, mau panjang ataupun pendek pasti melalui tahap-tahap tersebut. Cuma, pada artikel pendek yang bahkan sehari bisa jadi, waktu dari masing-masing tahapnya bisa lebih singkat :)

Sampai ketemu di tips-tips selanjutnya ya :)

You Might Also Like

0 Comments