Eid Style 2016 : Tosca & Tenun Troso Jepara

12:44 AM


Happy Eid Al-Fitr 1437 H, good people! Semoga semua amalan kita di bulan Ramadhan kemarin benar-benar diterima oleh Allah ya, dan kita semua bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan. Amiin ya robbal alamin.

Taqobalallahu minna waminkum, ya, semuanya! Mohon maaf kalau selama ini saya punya salah, selama nulis di blog ataupun jawab-jawabin pertanyaan teman-teman. Semoga semua amalan kita kemarin dapat menjadikan diri kita sebagai pribadi yang lebih baik lagi ya ke depannya.

Okay, mari kita nge-blog lagi. Gimana silaturahim kalian? Semoga menyenangkan :)

Untuk tahun ini Alhamdulillah saya bisa dengan lancar silaturahim ke keluarga dan kerabat yang ada di Jakarta. Lagi-lagi, mudik nggak menjadi pilihan keluarga saya karena kami biasanya lebih memilih mudik di hari-hari biasa  dan sangat amat menghindari peak season ataupun liburan panjang.

Buat kalian yang mudik, semoga perjuangan kalian perjalanan jauh dan macet dengan niat silaturahim bisa membawa barokah, ya. Ssst, jangan lupa sempet-sempetin berdoa, kalau bisa yang banyak, kan kalau orang musafir atau dalam perjalanan doa-nya diberi kefadholan :)


Saya emang lahir dan besar di Jakarta, kedua orang tua saya juga udah lama banget menetap di Jakarta. Kebetulan, Papa saya itu asli Jogja, dan Mama saya asli Jepara. Kalau kalian suka lihat post saya di Instagram sering bolak-balik Jakarta-Jogja, itu sebenernya saya lagi mudik, kan? Haha. Sekalian main, sekalian bisnis, sekalian kerja. Bisa pilih waktu kapan aja. Alhamdulillah :)

Nah, kalau mudik ke Jepara, saya emang`terbilang jarang mudik kesana. Terakhir tahun 2013, ada kok postingannya di blog ini :))

Kangen sih sama keluarga di sana, dan di Jepara lumayan banyak tempat liburan baru juga. Semoga nanti ada waktu dan rezeki buat mampir ke sana lagi. Insya Allah.

Dalam rangka rindu sama kampung halamannya Mama, di lebaran kali ini saya dan keluarga bikin seragam dari bahan tenun troso khas Jepara. Kebetulan, kain-kain tenun khas Indonesia gini emang lagi hype juga di dunia mode Indonesia.

Fyi, tenun troso adalah salah satu trademark -nya Jepara setelah ukiran jati. Jadi di Jepara, ada salah satu daerah namanya Kampung/Desa Troso. Hampir seluruh warganya bikin kerajinan tenun troso yang cara buatnya masih bener-bener manual dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Jadi, 100% handmade dan original. Selengkapnya bisa kalian baca disini.

Dress & Scarf : @iftabutik (on Instagram) | Shoes : Rubi
Karena kain trosonya bernuansa turquoise atau di Indonesia dikenal dengan sebutan tosca, jadilah saya sambung dengan bahan crepe yang jenisnya diamond deluxe. 

Diamond deluxe sendiri adalah tingkatan kain crepe -yang susah dibedain sama cerruti- yang paling tebal. Kalau diraba, nggak ada teksturnya kayak crepe biasa. Udah gitu si diamond deluxe ini juga lebih tebal, nggak nerawang.

Tapi supaya lebih nyaman, baju ini tetep saya kasih furing di dalemnya, dari bagian pinggul ke kaki. Biar adem juga dong yah :D


Desainnya sendiri dibuat melebar di bagian bawahnya, supaya ada kesan mewah dan menjadi pakaian yang terbilang formal. I mean, bisa dibuat kondangan atau ke acara-acara formal, gitu. Meskipun desainnya cenderung casual, tapi kalau pemilihan bahan dan ada cutting khusus yang bikin mewah, pasti pakaian itu tetep terlihat mewah, deh.

Yang saya pakai ukurannya emang sengaja dilonggarin, selain biar nyaman, jatohnya juga jauh lebih bagus dibandingkan di-fit-in ke badan. Kalau longgar, jatohnya kalo dipakai mirip-mirip sama kaftan. Tapi nggak pake embel-embel di lengan ya, hehehe.

Jangan lupa, kasih aksen kantong atau saku di kanan dan kiri. Selain bikin nyaman dan kelihatan cool saat berjalan, kantong ini juga berfungsi menampung THR lebaran. Hahaha :)) Nggak deng, becanda. 

Adanya kantong atau saku di kanan dan kiri sebenernya buat ngenakin aja, sih. Kelihatannya santai tapi resmi, resmi tapi santai.

Supaya warnanya nggak monoton, saya dan keluarga saya kompakan pakai add-ons warna hitam. Saya, mama dan adik-adik saya pakai kerudung hitam, sementara Papa saya pakai peci dan sorban hitam.

Mohon maaf untuk foto keluarga hanya di upload di media sosial saja, ya. Hehe.

Nah, itu dia style lebaranku kemarin, teman-teman. Kalau kamu gimana? Boleh lho kasih backlink di kolom komentar :)


You Might Also Like

0 Comments