Berkarir di Industri Kecantikan, Saya Siap!

7:29 PM

Apaan sih, judulnya "Inikah Takdirku?" kayak judul sinetron banget. Well, ini memang bukan pekerjaan pertamaku. Semasa kuliah aku sempet coba-coba part time nulis dan jadi social media specialist, terus sempet magang juga di PLN Pusat beberapa bulan.

Ini memang jadi pekerjaanku yang kesekian. Tapi setidaknya, ini adalah pekerjaan utamaku setelah aku resmi menjadi sarjana.

Aku bekerja di PT AVO Innovation Technology. Perusahaan ini berbasis di Yogyakarta, dan fokus bergerak di industri kecantikan. Saat ini, perusahaan tempatku bekerja sudah mengeluarkan dua brand, yaitu Avoskin untuk lini skincare dan Looke untuk lini kosmetik. Untuk Avoskin sendiri, sudah memiliki brand ambassador Marissa Nasution, dan Looke insyaAllah akan rilis pertengahan tahun 2017.


Perusahaannya sudah establish lama? Ah, kata siapa. Perusahaan ini baru berdiri di tahun 2014. Perkembangannya memang pesat, tapi memang strategi dan inovasinya patut diacungi jempol. Pertumbuhan perusahaan kalo aku liat datanya bener-bener menakjubkan, membuat aku bisa mengambil kesimpulan, "segalanya bisa jadi mungkin kalau kita nggak lelah berusaha."

Aku lulus tahun 2015. Kok bisa kerja di situ? Bisa dong. Aku justru enggak daftar. Yes, I haven't applying any job recruitment until now. Jadi ceritanya, waktu itu aku bener-bener lagi masa nganggur, udah selesai skripsi dan tinggal nunggu wisuda. Tiba-tiba, salah satu sahabatku ngajakin aku untuk gabung di salah satu project temennya, yang ternyata adalah profesi. Saat itu juga aku langsung tertarik dan menerima tawaran sebagai Digital Business Development di PT AVO Innovation Technology.

Kerjanya ngapain aja? Wah, jangan anggap sepele. Karena jatohnya perusahaan baru, jadi aku sempet ngerasain jatuh bangunnya di awal mula pekerjaanku. Intinya sih aku bener-bener fokus menyusun, merencanakan, mengkoordinasikan, melakukan, dan mengevaluasi strategi komunikasi yang dilakukan secara digital melalui berbagai media. Dalam dunia digital marketing, content is a king. All about content is my responsibility! Mulai dari gambar, konsep cerita, visual, audio, video, foto, bahkan tulisan dan copy writing, semua menjadi tanggung jawabku. Fungsi public relations juga aku jalankan dalam profesi ini, which is profesi ini sesuai banget dengan jurusanku.


Ribet? Pasti. Tapi aku suka. Kenapa? Karena ini adalah passion-ku. At least, aku bisa menerapkan ilmu yang udah aku pelajarin selama ini di bangku kuliah. Dan aku, wajib hukumnya mengupgrade diri aku untuk bisa lebih baik lagi setiap hari dengan belajar terus! Ya maklum, namanya dunia komunikasi, apalagi cyber PR, kan cepet banget berubahnya. Jadi, kita harus siap menghadapi segala tantangan yang ada.

Gak cuma bekerja, aku di sini juga diberikan kesempatan untuk berkarya. Menginspirasi seluruh perempuan adalah kuncinya. Salah satu misi yang dimiliki PT AVO Innovation Technology adalah woman empowerment. Karena aku bener-bener konseptor key messages yang mau disampaikan brand Avoskin, maka aku wajib membuat konten yang bukan hanya menjual dan mempromosikan, tapi juga mengedukasi dan menginspirasi siapapun untuk menjadi perempuan yang berani juga percaya diri. Berat? Mungkin. Kadang jadi tamparan untuk diri sendiri kalau masih suka mengeluh atau kurang pede. But overall, I'm very happy and enjoy all about my job :) At least, gelarku sebagai 10 besar finalis PIXY Young Inspiring Awards bisa kuteruskan di sini ya :)

Udah punya pengalaman di BUMN dan lulusan terbaik. Kok mau, kerja di perusahaan yang baru merintis? Pikirku, kenapa enggak? Gimana kalau rezekiku bermula dari sini? Well, kita memang nggak akan pernah tahu apa yang terjadi ke depannya, tapi untuk saat ini aku yakin bahwa ini adalah tempat yang baik buatku bukan hanya untuk bekerja, namun juga berkarya, mengembangkan diri, dan mencari pengalaman untuk karirku sendiri. Yang lebih menyenangkan lagi, semua karyawan disini tuh muda-muda semua! Yaaa.. Untuk jajaran C Level masih seumuran aku semua :D berasa main sama teman sendiri. Ditambah aku juga sering dilibatkan dalam manajemen dan benar-benar dipercaya. Semoga berkah ya, mohon doanya teman-teman :)

Kan basisnya di Yogyakarta, kenapa sering bolak-balik Jakarta-Jogja? Jawabannya, buat representatif :)) Aku sudah punya plan untuk kembali lagi ke Jakarta setelah lulus kuliah. Jadi, sometimes aku memang kerja jarak jauh dari Jakarta. Tapi, aku juga sering ke Jogja untuk memenuhi tanggung jawabku di sana. Toh, aku sejak dulu benar-benar menikmati perjalanan Jakarta-Jogja, and I have no matter with that. Mau naik pesawat, kereta, mobil, bahkan bus antar kota antar propinsi, aku benar-benar menikmatinya. Selain untuk kerja, aku ke Jogja juga diniati untuk silaturahim dengan keluarga besar Papa. Termasuk dengan Mbahkung dan Mbahti, yang selama kuliah dulu aku tinggal bareng sama mereka.

Tinggal di dua kota yang istimewa, Jakarta dan Yogyakarta buat aku adalah anugrah yang luar biasa. Kerasa banget memang perbedaannya, tapi dua-duanya punya keistimewaan yang sama buat hidup aku. Jakarta adalah tempat lahir dan tempat aku dibesarkan. Sementara Jogja, adalah kampung halaman Papa yang jadi tempat masa mudaku pecah! Aku banyak belajar di Yogyakarta, termasuk halnya tentang kemandirian, kesederhanaan, dan mimpi.

Lalu, kemana selanjutnya aku akan melangkah? Aku percaya Allah sudah menyiapkan skenario terbaik untuk perjalanan karirku :)

You Might Also Like

0 Comments