#StyleInspiration : Syar'i Tapi Casual, Kenapa Enggak?

12:18 AM

Hai, lagi rajin-rajinnya ngeblog Alhamdulillah, hahahaaa. Sekarang mau bahas tentang kenyamanan aku dalam berbusana, sih.

Alhamdulillah udah pakai hijab lama banget, dari kelas 1 SD. Alhamdulillah Allah paring hidayah, keselamatan, kelancaran, kebarokahan. Awal mula aku pake kerudung? Bisa baca ceritanya disini.

Hidup seseorang itu akan selalu dinamis. Di dalam perjalanannya, selalu akan ada perubahan. Entah itu baik ataupun buruk, ya kembali lagi sama orang tersebut yang menentukan.

Aku pribadi Alhamdulillah merasa semakin kesini mulai membutuhkan perubahan dari gaya busanaku. Sebenernya sih, aku nggak pernah pakai baju ketat, karena InsyaAllah aku tau hukumnya gimana dan aku pun memberi nilai pada hijabku sebagai bentuk taatku kepada Allah. Masa iya aku tega pakai baju ketat, memamerkan lekuk tubuh atau dada.

But basically, aku orangnya itu santai banget. Jadi, aku lebih seneng ke gaya berpakaian yang casual, apalagi untuk sehari-harinya aku itu nggak bisa diem. Pasti ada aja agenda kesana kemari, main, jalan-jalan, silaturohim, etc. Dulunya, aku anaknya penggemar celana jeans banget! Skinny pun aku punya, dan lumayan sering pakai. Cuma, aku imbangin dengan atasan tunik atau blouse yang sekiranya di bawah lutut deh, supaya jeans ketatnya nggak dominan dan jd pusat perhatian. Sumpah, ini tuh gaya sehari-hari aku pas SMA sampai kuliah banget.

Semakin kesini, aku merasa butuh untuk meninggalkan celana jeans ketat. Sekalipun atasannya longgar, aku tetep pengen 'hijrah' ninggalin celana jeans dan coba gaya casual baru yang sesuai sama kenyamananku. Awalnya aku pakai rok terus, baik itu bawahan ataupun dress. Alhamdulillah aku nyaman, yaaa... se-tomboy dan se-pecicilannya aku, Alhamdulillah masih ada sisi femininnya sih. Hahaha.

Semenjak aku mencoba celana jogger, baru deh aku mulai nyaman lagi pake celana. Emang sih, pilihan untuk pakai celana dan nggak ketat itu banyak banget, misalnya kulot dan celana bahan. Cuma.. aku nggak begitu suka pakai kulot, maklum, aku pendek. Hihiii. Nah, kalau celana bahan, kurang suka juga sih karena terlalu formal/kaku, jadi biasaya aku pakai untuk office look aja.



Sejak pertama kali pake jogger pants, oh my god... kayak nemu jodoh. Akhirnya aku bisa mix and match apapun dengan mudah tanpa harus pakai rok. Lebih nyaman karena bebas gerak, dan ada kantongnya :D

Enggak ketat, pastinya, sesuai banget sama harapan aku.
Bisa dipaduin sama atasan jenis apapun, mulai blouse, kaos, sampai tunik. Bisa masuk ke sepatu apapun mulai dari wedges, heels, sneakers, flat shoes, sampai sepatu sport. Jatuh cintaaaaaaaaaaaa!

Fix, celana jogger bisa jadi pilihan kita untuk yang mau bergaya syar'i, tapi tetep casual. Selama ini, kata penampilan syar'i kan selalu identik dengan rok, gamis, jilbab lebar, dll. Itu nggak salah, sih. Akupun suka pakai syar'i biasanya untuk pergi ke pengajian.

Tapi, kalau kamu lagi mau main aja, mau kerumah temen, mau main ke taman, dan lain sebagainya, bisa lho pakai gaya casual tapi tetep syar'i. Keep being qurrotaayyun, deh, pokoknya :)

1. Alternatif utama : Jogger Pants
Kayak yang aku bilang tadi, dibanding kulot dan celana bahan, jogger pants yang paling mendekati gaya casual. Lagipula, jogger pants sekarang udah banyak banget jenis dan macamnya, mulai dari yang bahan lemes sampai tebel seperti jeans, mulai dari yang polos sampai yang bermotif, dan pastinya harganya terjangkau.

2. Apapun celananya, gunakan atasan yang longgar dan panjang
Jogger pants yang fleksible gak akan membuat kamu bingung memilih atasan apa yang harus digunakan. Intinya, pilih yang lebar, longgar dan dibawah paha. Kalo aku sih gitu, hehe.

Kebetulan aku pakai cardigan, jadi lebar, longgar, panjang, dan nyantai! :p

3. Kerudung apapun, harus menutupi dada
Hijab casual style aku sih lebih ke pashmina atau kerudung segi empat biasa, yang modelnya sederhana, nggak banyak lilitan. Kali ini, aku pakai pashmina.

Oh iya, casual juga bisa ditentuin lewat pemilihan bahan-bahan yang ringan. Jangan lupa, selalu pastikan gaya kerudungnya harus menutupi dada, dan lebar :)

Syar'i. Sebenernya ini relatif, sih. Tapi buat aku, ditengah pesatnya mode busana muslim yang berkembang saat ini, kita juga harus bertahan dengan 'pola' penampilan syar'i kita, terlepas harus tetap menjadi diri sendiri, ya. Intinya sih, kita bisa aja berbusana apapun, yang penting nggak ketat dan kerudungnya menutup dada. Itu aja :)



Semoga menginspirasi :)

PS : Btw aku mau produksi massal celana jogger dengan warna-warna yang feminin dan netral. Yay or nay? Hihihi. Ditunggu ya barangnya... Semoga bisa diterima.

Love,
Putrie.

You Might Also Like

1 Comments

  1. Pingin bisa ninggalin celana jeans juga, kayaknya bisa jadi referensi kalo celana jogger

    ReplyDelete