Resep : Home Made Pangsit Rebus

9:51 PM

Pagi ini lagi kepengen banget pangsit rebus. Sebenernya ada sih langganan tukang mie  ayam, yang emang juga nyediain menu khusus buat beli pangsitnya doang. Idk hr ini semacam pengen bikin sendiri buat stok hari ini sama besok juga, secara pangsit rebus itu salah satu makanan favorit aku :p 

Hasilnya? Enak!
Yuk diulas resepnya.

Bahan :
Kulit pangsit (as usual, pake yang udah jadi aja, 100 lembar cuma 5 ribu kok)
200 gr udang, cincang halus
400 gr ayam fillet, cincang halus
2 sdm tepung sagu
3 sdm tepung terigu
1 butir telur, ambil kuningnya aja
1 siung bawang merah, cincang halus, tumis sebentar aja
1 batang seledri, rajang lembut
Air secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Bahan Kuah :
Air secukupnya (sesuai selera)
1 siung bawang putih, cincang halus
Jahe, sedikit aja kira-kira 2 cm. Memarkan.
Sawi hijau secukupnya, sesuai selera
3 sdm minyak wijen / olive oil
1 batang daun bawang, iris tipis  
Bakso, jumlah butir sesuai selera kamu (opsional)
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Cara membuat :
1. Masukkan udang halus dan ayam halus dalam wadah. 
2. Tumis bawang merah yang sudah dicincang halus diatas api kecil sampai berubah warna menjadi agak putih, jangan sampai cokelat. Angkat dan tiriskan.
3. Masukkan udang halus dan ayam halus ke dalam wadah, serta masukkan juga tepung terigu dan tepung sagu sesuai takarannya. Perbandingan terigu dan sagu adalah 3:2.
4. Masukkan tumisan bawang merah tadi,  potongan seledri, dan kuning telur. Berikan gula, garam dan lada bubuk secukupnya.
5. Masukkan air sedikit saja, sambil mengaduk adonan sampai terlihat kalis. Jangan terlalu banyak memberikan air.
6. Aduk adonan sampai merata. 
7. Masukkan 1 sdm adonan ke dalam kulit pangsit, dan tutup kulit pangsit hingga tidak ada celah yang terbuka sesuai dengan bentuk yang kamu mau.
8. Kalau pangsit mentahnya udah jadi, bisa dikukus atau direbus bareng sama kuahnya.

Cara membuat kuah pangsit rebus :
1. Didihkan air secukupnya, sesuai selera.
2. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus. 
3. Masukkan sedikit jahe yang telah dimemarkan, bakso, minyak wijen serta garam, gula dan lada bubuk.
4. Setelah air mendidih, masukkan potongan sawi dan batang daun bawang. Rebus sebentar saja, matikan api.

Hasilnya :


Salam, 
Putrie.

You Might Also Like

2 Comments

  1. Enak ya anget-anget gitu kelihatannya. Tapi aku nggak pinter masak yang step dan langkahnya banyak gini T.T Anyway, thanks for sharing;D

    ReplyDelete