Resep : Home Made Lumpia Rebung

8:57 AM

Emang dasar ini blog gak punya niche, jadi ya gini deh.  Apa aja diposting.
Basicly aku gak gitu suka fokus di satu bidang aja kalo nulis. Selain karena pengalamanku gak cuma di satu titik fokus aja, makin banyak bidang yang aku tulis insyaallah bisa jadiin blog aku bisa lebih bermanfaat buat orang banyak.

Lagian, blog tanpa niche juga gak akan dipermasalahkan di dunia wal akhirat kan. Hehehe..

Oke, jadi ceritanya pagi ini lapar, dan di rumah sendirian. Pengen bikin cemilan gitu yang jarang dijual di sekitaran rumah (karena kalo ada yang jual mah ngapain bikin, sok lah beli aja di abang2nya :p) terus kepikiran dan ngidam olahan rebung.

Langsung keinget harum2nya rebung + menggodanya lumpia rebung khas Semarang. So yummy!
Resepnya mudah sih, sama aja kayak goreng2an lainnya. Isi, bungkus, goreng.

Instagram : intantyaputrie


Bahan :
500 gr rebung, iris korek api
250 gr ayam fillet, potong dadu
udang ebi, secukupnya (optional)
1 butir telur ayam rebus, potong-potong sesuai selera
2 siung bawang putih, rajang halus
Garam, secukupnya
Gula, secukupnya
2 sdm saus tiram
3 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
Minyak goreng, secukupnya
12 lembar kulit lumpia (kamu bisa bikin sendiri juga, lho. Tapi buat yang mengutamakan efisiensi waktu, kulit lumpia jadi disarankan)

Bahan Saus :
air secukupnya, didihkan
2 siung bawang putih, ulek / haluskan
2 sdm tepung beras, cairkan
500 gr gula merah, sisir lembut
1 sdt gula
1/4 sdt garam (dikit aja karena pengen nonjolin rasa manisnya)

Cara membuat lumpia :
1. Panaskan minyak secukupnya. Tumis bawang putih yang sudah dirajang halus sampai harum.
2. Setelah itu, masukkan ayam fillet yang telah dipotong dadu kecil. Masukkan pula ebi. Tumis sampai matang.
3. Masukan garam dan gula secukupnya.
4. Masukkan rebung, tumis sampai bumbu tercampur rata.
5. Tambahkan kecap asin, kecap manis, dan saus tiram.
6. Tumis sampai rebung agak layu, matikan kompor.
7. Gelar kulit lumpia di atas tatakan, isi kulit lumpia dengan bahan isi yang ditumis tadi. Tambahkan telur bersama bahan isi tersebut.
8. Gulung kulit lumpia hingga berbentuk silinder.
9. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat da tiriskan.

Cara membuat saus :
1. Rebus air secukupnya (disesuaikan dengan jumlah lumpia) bersama bawang putih yang sudah dihaluskan sampai mendidih.
2. Masukkan gula merah yang telah disisir halus.
3. Aduk sampai semuanya tercampur rata. Setelah itu, masukkan cairan tepung beras sedikit demi sedikit agar bisa mengkondisikan kentalnya.
4. Matikan kompor, sajikan saus selagi hangat.


TIPS! 
Rebung sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan pembilasan berkali-kali agar lengketnya hilang. Setelah dibilas, kamu bisa merebusnya supaya bau kecutnya hilang. Tapi, kalau direbus, selain memakan waktu yang cukup lama, rebung juga akan lembek dan tidak bertekstur. Opsi lain, kamu bisa merendamnya dengan air panas/air hangat selama kurang lebih 10 menit :)

Salam.

You Might Also Like

11 Comments

  1. Replies
    1. Hihihi, hayuk dicoba nenggg :9
      Abis itu posting yak :p

      Delete
  2. Bau kecut itu yg bau agak pesing yang kadang ada di beberapa lumpia semarang itu ya Mba?
    LOL aku ketawa tentang niche ga dipermasalahkan di akhirat XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. Tapi kalo menurutku bau rebung yang kayak gitu di lumpia justru menggoda iman :p
      Masalahnya cuma pas dimakan itu kecut apa enggak :D
      Iya iya nih terkadang merasa iri sama blog temen2 yang ber-niche, dan konsisten! Btw, blog Mba Nia nichenya apa?

      Delete
    2. Aku ketawa karena sama Mba, ga jelas juga nichenya. Awalnya jelas sih tentang jalan2, lama2 agak campuraduk..Hihihi. Makanya aku setuju banget sama statement yg tidak harus dipertanggungjawabkan itu Mba :p

      Oalah justru itu daya tariknya lumpia semarang ya?
      Mba dari Semarang kah? :D

      Delete
    3. Wakaakk.. Tosss dulu lah mbaaak..
      Masih banyak jalan untuk bikin blog lebih menarik walaupun gak ber-niche *sotoy* :)))

      Btw barusan aku visit blognya, keren euy, followback ya mba.. Salam kenal lho sebelumnya :) Aku Jakarta mbak, cuma kuliah di Jogja. Mba Nia Padang kah?

      Delete
    4. *toss*
      Ok, I'll follow back in a minute. Salam kenal juga ya ^^
      Aku di Bintaro nih, kemarin pernah tinggal di Padang. Hometownku deket Jogja lho. Kita bisa kopdar2 di Jakarta atau Jogja kayaknya nih XD

      Delete
    5. Mbaaa bintaronya mana? Sumpah deket! Aku di Pondok Kacang, deket Graha Bintaro :p
      Home town nya mana?

      Delete
    6. Wah iya deket bangeet,, haha. Aku di PJMI deket STN itu lho. Klo hometownku Purworejo :D

      Delete