Perpanjang SIM di Bus SIM Keliling

11:22 AM

Aku bikin SIM dari umur 16 tahun. Setiap siapapun yang aku ceritain tentang itu, pasti dikiranya aku pake umur nembak. Padahal, waktu itu bikin kolektif dari sekolahan, yang syarat untuk SIM C adalah 16 tahun dan SIM A 17 tahun.

Saking ngerasa muda terus, akhirnya aku lupa deh kalo ternyata tahun ini masa berlaku SIM aku udah abis :')))
Pas pulang ngampus kemaren di Jogja, kebetulan lagi ada razia (kan sering tuh razia-raziaan di Jogja). Biasanya aku pulang agak malem, ehhh pas itu baliknya sore. 
Dengan santainya aku ambil dong STNK dan SIM. Tapi dapet polisi yang teliti... :)))))
Dia ngeh aja kalo SIM aku udah abis. Dan aku sama sekali gak inget kalo SIM aku udah abis. Bahkan gak tau, dan gak berniat untuk mencari tau. Hahahaaa.

Tanggal berlaku SIM aja dia merhatiin, gimane mau ngelabuhin pake SIM A, bisa dikeplak deh :)))

Jadilah duit melayang buat bayar di tempat :D 
Yah padahal harusnya dimaklumin yak, namanya mahasiswa ngerantau, perpanjangnya gimana :|

Akhirnya bulan Maret ini pas balik ke rumah, aku langsung buru-buru perpanjang itu SIM. Karena aku tinggal Tangerang Selatan, jadi SIM aku ikut Polres Tangerang dong. Tapi, aku tuh bener-bener buta soal Tangerang kota sonoh.. Sumpah gak hafal jalan bahkan gak tau, ya mungkin karena jarang kesana. 

Akhirnya keinget kalo Tangerang punya samsat keliling, yang lokasinya juga gak jauh-jauh amat dari rumah.

Samsat keliling di Pinang, Kunciran. Deket Pasar Bengkok. Tepatnya di depan perumahan...perumahan apa yah namanya, lupa.
Pokoknya kalo dari arah Ciledug itu ke arah Kunciran, sampe ketemu pertigaan pasar bengkok itu belok ke kanan. Nanti bus SIM kelilingnya udah ngedegrog di kiri jalan :D



Namanya aja SIM Keliling, jd dia keliling-keliling kemana-mana dong :D
Setiap harinya bis ini berpindah-pindah lokasi di Tangerang. Nah, untuk lokasi di Pinang ini jadwalnya setiap Selasa sama Kamis.

Info lengkap jadwal SIM  Keliling Tangerang :

Senin : Plaza Shinta Karawaci
Selasa : Pospol Pinang Cipondoh
Rabu : Taman Cibodas / Pasar Modern
Kamis : Pospol Pinang Cipondoh
Jumat : Metropolis Tangerang
Sabtu : City Mall Pasar Baru Tangerang
Minggu : Giant samping RS Annisa Jatiuwung

Sumber disini.
PS. Beberapa daerah di atas aku gak tau :( cuma tau Metropolis, Pinang sama Karawaci doang. Da aku mah orang tangerang gagal.....

SIM Keliling ini buka dari jam 07.00 - 11.00 terus lanjut lagi jam 17.00 sampai selesai.
Adanya SIM Keliling ini perlu diapresiasi deh, full 7 hari dalam seminggu, dan waktunya juga panjang. Apalagi ada jam sore, jd ngebantu banget buat orang-orang kantoran. Cuma walaupun waktunya sepanjang itu, tetep aja SIM keliling ini selalu antri... panjang niannn...

Yang kamu butuhin untuk perpanjang SIM di SIM Keliling ini :

1. Fotokopi KTP 2 lembar
2. Fotokopi SIM 2 lembar (buat jaga-jaga)
3. Pulpen (IYAAA! PULPEN! PENTING~~~)
4. Duit
5. Hape dan cemilan

Mekanisme pendaftaran perpanjangan KTP, pertama pastinya kamu harus parkir motor atau mobil dulu di tempat yang udah disediakan :D
Terus, kamu masuk aja ke bus pelayanan SIM keliling itu. Nanti kamu akan disuruh nyerahin fotokopi KTP sama fotokopi SIM (kadang juga dimintain SIM asli sih).
Setelah fotokopi data kamu diterima, kamu akan diberikan formulir :)
Isi deh formulir itu.. Nah disini pentingnya pulpen! Kalo kamu gak bawa pulpen, iya kalo ada yang mau minjemin! :p

Setelah isi formulir, kamu balikin formulir itu ke tempat kamu ambil formulir tadi. Selesai deh, tinggal tunggu antrian.

Karena antriannya panjang, disitulah sebabnya kamu butuh hape buat temen jempol, sama cemilan buat temen mulut :D
Sesekali ajak aja orang lain buat ngobrol dan sharing, ntar ngalor ngidul juga lama-lama kenal :')))

Soal antrian, kadang dipanggilnya gak urut loh. Ya namanya berkas segitu banyak ya, yang manggilin cuma satu orang (orang yang ngasih formulir tadi), kemungkinan untuk kelewat atau keselip pasti ada. Jadi, ketika udah mulai pemanggilan peserta, kamu harus hafal sekiranya kamu urutan keberapa atau setelah siapa. Patokannya ya kira-kira kamu harus tau lah mana orang-orang yang datengnya setelah kamu. Kalo mereka dipanggil lebih dulu ke bis daripada kamu, mending langsung komplain aja.

Contohnya aku :D
Dateng belakangan, tapi dipanggil duluan. Lagi beruntung :)))
Gak komplain sih, tapi orang2 yang komplain. Aku sih gatau juga, padahal gak nyogok apa2.:p
Pas nama aku dipanggil ya yaudah aku mah masuk :p

Setelah nama kamu dipanggil, kamu akan nunggu giliran di dalem bus SIM keliling itu. Itu bis kan keliatannya kecil yak, kirain mah dipanggilnya satu orang satu orang gitu.. Ternyata, dipanggilnya lima orang-lima orang. Jadi kita juga masih antri lima orang untuk bayar, tanda tangan dan foto di dalam bus SIM keliling.

Jadi di dalam bis SIM keliling itu bisa diisi kurang lebih 7-8 orang. Lima - enam orang peserta, satu polisi yang foto dan ngetik SIM kita, satu orang yang manggil peserta dan ngurus pembayaran (ini orang yang ngasih formulir tadi).


Setelah kamu masuk ke dalam bis SIM keliling, yang pertama kamu lakukan pastinya harus bayar dulu.
Kalo di SIM Keliling Tangerang, biayanya 150.000, udah plus plus semuanya.
Karena berdasarkan penelusuran, denger-denger harganya suka beda-beda di tiap wilayah bus SIM Keliling ini.
Baca deh berita di Kompas.com soal biaya SIM Keliling ini.

Biasanya yang bikin beda itu biaya-biaya tambahannya, seperti laminasi SIM setelah jadi, foto, formulir dan lain-lain. Tapi kalo di SIM Keliling Tangerang ini 150 ribu pokoknya udah terima jadi aja deh.. Biaya perpanjang SIM A dan SIM C, sama.

Setelah selesai bayar, kamu dipersilahkan untuk menunggu di dalam bus (sambil duduk). Nanti akan dirolling tempat duduknya bergantian dengan orang yang menunggu foto, difoto, kemudian menunggu SIM nya jadi.

Prosesnya cepet, kurang lebih 10 menit sampe SIM kamu jadi, terus kamu keluar bis, dan pulang.

Dan disini aku baru tau kalo foto SIM itu boleh keliatan gigi. Iya, kemarin malah disuruh keliatan gigi :')))))

Karena ini pengalaman pertama aku perpanjang SIM, plus ngurus sendiri, jadi aku seneng bisa bagiin pengalaman aku ke kalian. Semoga bermanfaat ya :)

You Might Also Like

4 Comments

  1. makasih ya mbak infoya..
    nice blogger bgt deh mbak.. ^_^

    ReplyDelete
  2. artikel menarik
    jadi tahu tempat sim sekarang
    terima kasih ya

    ReplyDelete
  3. Trims infonya saya juga pernah perpanjang sim c di pospol cipondoh antriannya kagak nahan musti datang pagi2

    ReplyDelete
  4. Kalo tangsel skrg dmn yah?infonya udh misah

    ReplyDelete