Tips Magang di Perusahaan Besar!

11:50 PM

Udah baca postingan aku tentang pengalaman magangku?
Atau udah liat-liat serentengan foto di instagram aku? :D

Nah, kali ini aku gak cuma pengen bagi-bagi cerita aja. Aku juga pengen share tips atas pengalaman yang udah aku rasain dan seenggaknya aku pengen apa yang aku rasain itu bisa bermanfaat buat orang banyak.

Oke, aku kemarin magang di PLN Pusat, bagian Humasnya. Seneng banget rasanya, bersyukur banget. 

Soal magang, kita emang kalo bisa harus cari perusahaan yang bener-bener worth it, besar sekalian juga gakpapa. Syukur-syukur bisa yang bertaraf internasional.
Intinya, cari perusahaan besar yang sesuai sm passion dan kemampuan kamu, karena percuma juga kalo perusahaan besar tapi passion kamu bukan disitu, hasilnya pasti awut-awutan (ya tuhan bahasa apa ini), karena kamu akan selalu ngerasa berat dalam bekerja.

Oke, langsung aja ya tipsnya..

1. Bikin proposal yang unik dan efektif
Normal is boring! Kalau mau dilihat, harus berani beda. 
Kalau gak berani nyeleneh2 amat, kamu bisa desain proposal kamu dengan warna yang lebih ngejreng, pemilihan kertas yang gak standar, bentuk yang beda dari biasanya, dan lain sebagainya. Buat proposal sekreatif mungkin.

Gak cuma kreatif, tapi juga harus efektif.  Isi proposal kamu harus singkat, padat dan jelas. Iya, singkat aja. Gak perlu panjang2 karena mereka gak akan baca proposal kamu secara mendetail :)

Ohya, jangan lupa sertakan CV dan Contact Person yang bisa dihubungin dari kamu ya.

2. Ajukan proposal secepat mungkin
Kayak yang udah aku bilang sebelumnya, paling engak tiga bulan sebelum target kamu magang. Karena proposal atau surat kita itu pasti ketahan di bagian SDM atau manajemen. Kecuali kamu punya kenalan 'orang dalem'. 

Jangan lupa juga, hubungi terus bagian kantor yang menerima proposal kamu, untuk meninjau sejauh mana progress proposal kamu buat diterima disana.

3. Desain CV yang menarik
Ibaratnya kamu itu memperkenalkan diri lewat CV kamu. Jadi, usahakan bikin CV kamu sesingkat mungkin, tapi padat berisi dan kreatif!

Tulis data diri, educational background, organisasi apa aja yang kamu ikutin, apa aja pengalaman kamu, passion kamu dimana, prestasi kamu apa, kalo emang pede bisa juga sertakan pencapaian IPK.

4. Hari pertama magang, senyum!
Senyum adalah gerbang perkenalan yang paling sederhana. Senyumin semua orang, sapa mereka dan kenalkan diri kamu dengan baik pada mereka.

Jangan pernah sombong untuk mengenal orang-orang penting di kantor saja. Gak ada salahnya kamu juga bisa kenal dengan OB dan Satpam :)

5. Selalu tanya, "Apa yang bisa saya bantu?"
Jangan pasif jadi anak magang. Karena penilaian kamu sebenarnya ada disitu. 
Kalaupun kamu dapet mentor magang yang asik asik aja untuk nilai kamu bagaimanapun kinerja kamu selama magang disana, kalau kamu cuma magabut alias makan gaji buta dan gak kerja apa apaan, sumpah, kamu rugi~~~

Selalu tawarkan diri untuk membantu pekerjaan orang-orang di kantor. Gak perlu malu. Kalau tawaran kamu ditolak, wajar, itu artinya mereka belum sepenuhnya percaya sama kamu. Tapi, waktu akan menunjukkan :) 
Lama2 juga pasti akan percaya, asalkan kamu bisa memberikan yang terbaik pada setiap kesempatan bekerja yang diberikan.

Tapi, soal menawarkan bantuan, kamu juga mesti liat-liat kondisi. Kalau orangnya lagi ribet dan kusut sama kerjaannya, takutnya kan ganggu.

6. Jaga attitude
Attitude itu penting banget, dimanapun. Apalagi buat anak magang, karena akan bawa nama kampus juga. Selain itu, attitude juga bisa jadi gerbang kepercayaan orang-orang kantor kepada kamu selaku anak magang. Kalau attitudenya bagus, seenggaknya mereka akan percaya kalo kamu adalah orang yang reliable.

7. Always be a good partner!
Intinya, kamu harus ngerti, kapan kamu harus bertanya, kapan kamu harus mendengar, kapan harus profesional bekerja, kapan harus serius, kapan harus bercanda. Pandai menempatkan diri.

8. Jangan katakan "Aku gak bisa.."
Kadang, saat magang itu kita suka dikasih kerjaan-kerjaan yang mengejutkan. Bahkan yang sebelumnya kita gak pernah ngerjain / ngehandle itu.

Nah, kalo menghadapi itu, semisal dikasih kerjaan, jangan pernah bilang gak bisa!
Lakukan dulu semaksimal mungkin, semampu kamu.
Apapun hasilnya, setidaknya kamu udah nyoba. 
Effort dan kemauan kamu untuk bisa akan jauh lebih dihargai ketimbang kamu hanya pasif dan mengeluh gak bisa. Itu justru akan memperburuk citra diri kamu sebagai anak magang yangakan dinilai "gak bisa apa-apa".

Hmm, mungkin segitu dulu ya  tipsnya. 
Bye!

You Might Also Like

3 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mbak, waktu awal awal magang gitu mbak diminta buat baca-baca buku ttg kehumasan di sana g mbak? oh ya mbak, mbak pernah diminta buat timeline per hari selama magang g mbak? klo ada bisa dishare g mbak?
    makasih

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete