Pasar Kangen Jogja

5:14 PM

Aloha, sudah lama gak nulis. Entah di blog, untuk ikut lomba, nulis release acara, nulis berita ataupun yang lain. Sumpah, takut saraf menulis saya putus karena lama nggak dilatih. Hihi... semoga jangan. Nulis itu passion terkuat saya, dan juga skill paling menonjol diantara skill saya.

Okay, skip untuk semua itu, karena kemarin memang sibuk dengan hingar bingar deadline dan dateline tugas-tugas kuliah. I've done it well! Dan kemaren juga udah sempet liburan-singkat sih sama temen-temen sebelum akhirnya pada pulang ke hometown  masing-masing. 

Sepanjang gencatan tugas menghampiri saya, sebenernya bukan berarti saya duduk manis di kamar kemudian anteng ngerjain tugas. Enggak juga sih. Kebetulan Jogja belakangan ini juga lagi banyak event, dan di sela-sela ujian dengan paket tugas yang seabrek itu akhirnya sempet juga ngunjungin Pasar Kangen Jogja 2013. Soalnya, pada Pasar Kangen Jogja tahun sebelumnya, bener-bener gak sempet. Alhasil, dibuatlah saya penasaran.. Dan pada Pasar Kangen Jogja tahun 2011, saya masih stay di Jakarta, belom tinggal di Jogja kan. Baru lulus SMA, hehe..


Jadi, ceritanya Pasar Kangen Jogja ini semacam.... festival. Atau mungkin... Bazaar. Tapi, yang dijual disini ya makanan-makanan tempo dulu sampe sekarang, jajanan-jajanan masa kecil, khususnya yang tradisional. Of course, tujuannya tentu melestarikan kuliner dan hal tradisional lainnya supaya gak hilang tertelan zaman modern seperti sekarang ini. Dari jajanan tradisional itu diasumsikan bikin orang-orang jadi falshback dan kangen akan masa-masa dulu. Makanya dinamakan Pasar Kangen :)

Jajanan tradisional yang dijual memang beberapa diantaranya masih kita temukan di pasar-pasar tradisional gitu kok. Tapi, mungkin karena disini semuanya tumplek blek (tumpah ruah) jadi satu, bukan hal yang nggak mungkin kalo Pasar Kangen Jogja selalu menyedot perhatian masyarakat Jogja. Suer, makin malam, makin ramai.. :)

Selain makanan, ada juga pameran lukisan, pameran kain batik, seni rupa, pameran craft baik handmade maupun buatan mesin yang semua bentuknya unik dan unyu gitu.. Dan yang paling saya tunggu, ada pementasan wayang.. Hehehe... 

Muka-muka kebanyakan tugas sih :|

Kemaren sih cuma jajan cenil, mendoan, nasi bakar, dan tahu gejrot.. Sayangnya saya kesana dalam keadaan kenyang.. Eh, tapi kalo gak kenyang, bisa kalap beli makanan ini-itu, abis deh duit. Hahaha.. (PS: Bawa duit lebih ya :p)

Pasar Kangen Jogja 2013 diselenggarakan dari tanggal 19 Juni sampai 25 Juni, iya, seminggu. Dan setiap harinya rame terus... Acaranya berlangsung di kawasan TBY (Taman Budaya Yogyakarta). Seluruh area TBY disulap jadi pasar tempo dulu dan benda-benda yang dijual pun khas banget.. Dan yang paling istimewa adalah.......... masuknya..... GRATIS... :))

Dan dibolehin main gamelan juga, duh senang.. :)


Di teras gedung TBY, ada juga yang jualan buku-buku jaduuuuul banget. Buku-buku tua gitu deh, dan rame, banyak yang ngincer. Wah jadi penasaran.. Harganya pun tergantung kondisi dan isi yang dikandung buku itu. Buku lama-nya bukan sekelas buku bekas gitu, tapi bener-bener jadul abis, sekitaran tahun 50-an sampe 80-an deh. Waaaw~ :p

Majalah Bobo tahun 1987, ini sih gue masih di sayur-sayuran -___-

Koran Minggu Pagi, Kedaulatan Rakjat 1969. My daddy was born in this year.

Tong sampahnya :) 'Wadah' dalam bahasa Jawa artinya tempat, dan 'uwuh' dalam bahasa Jawa artinya sampah. Eh, tapi kalo minuman tradisional Jawa yang namanya wedhang uwuh bukan berarti minuman dari sampah lho, ya :p

Spot ter-mainstream buat foto di Pasar Kangen.

Then, selesai keliling-keliling dan icap icip makanan ini-itu, akhirnya duduk anteng deh nonton wayang.. Ada yang duduk di bangku tenda, ada juga yang lesehan di depan panggung. Duh, Jogja banget nggak sih? :)



Nah, yang jadi pertanyaan saya.. Sebenernya kalo ke Pasar Kangen ini, kangennya terobati atau malah tambah kangen sih? :p
Sampai jumpa di Pasar Kangen Jogja 2014, see ya! 


Yogyakarta, 28 Juni 2013.
Kalo nggak istimewa, bukan Jogja namanya.

You Might Also Like

1 Comments

  1. Kalo kangen jogja., silahkan mampir ke blog saya ada website yg selalu update bahas tentang jogja.

    www.duniasitusweb.blogspot.com

    ReplyDelete