Ulang tahun gue setahun dua kali?

1:13 AM

Oke hari ini terbangun dengan perasaan yang biasa-biasa aja. Mimpi juga engga, tidur cepet semalem dan bangun sangat amat pagi nih, jam 4 -_- Okay, today is 14th Dec 2012. Langsung deh keinget ini hari apa.. Hari apa yaa…


Hah? Hari ulang tahun gue?! Masa sih? Ucetdeeehh (kalo kata anak2 gaul).

Tapi salah! Salah! Ulang tahun gue yang sebenernya bukan hari ini. Jadi ada cerita yang cukup aneh, unik, menarik, dan.. menurut gue sih menyebalkan.. eh tapi menyenangkan juga deng.

Pada kenyataannya sodara-sodarah, gue lahir tanggal 16 Desember 1993. Tapi.. di akte kelahiran yang telah keluar secara resmi dari catatan sipil Negara republik Indonesia yang punya jargon Bhinneka Tunggal Ika, tertera bahwa :

Salah ketik.

Iye, salah ketik. Pegawai yang buatin akte kelahiran gue gatau dah ngantuk apa gimana, apa salah baca matanya minus terus belom dipriksain apa gimana, apa jangan-jangan dia gak konsen gara-gara kebayang goyang itiknya zaskia. *eh dulu dia belom jadi artis deng*. Entah karena faktor apakah, kenapa bisa salah ketik. Yang seharusnya tanggal 16 Desember, jadi 14 Desember. Itu ‘tukang akte’ seharusnya nulis ‘enam’, bukan ‘empat’. Untung salahnya Cuma di tanggal, dan untung Cuma beda dua hari sama hari lahir aslinya, dan yang salah ini lebih duluan dari pada tanggal lahir asli. Bayangin aje kalo bulan, bener-bener kerasa ulang tahunnya setahun dua kali. Nah tambah parah lagi, bayangin aja kalo tahunnya yang salah, berabe urusannya. Bisa bikin tua sebelum waktunya, atau muda yang sok-sok muda dan bakalan susah kalo ikut apa-apa yang pake batas usia. Yaaa pokoknya untung deh. Emang dasar orang Jawa nih apa-apa dikata untung.  :p

Dulu Mama emang sempet ngajuin pengen ganti akte, bikin lagi dari awal. Tapi kata Mama, pegawainya gak mau tau, gak mau tanggung jawab. Hahaha, sompret bener ye. Jadi harus bikin dari awal lagi, dan.. bayar lagi, dan… prosesnya lama. Bayarnya sih emang ga seberapa, Cuma ribetnya? Ya gatau sih, yang jelas pas saat itu karena emak babe gue gamau ribet, akhirnya diputuskan untuk tetap menggunakan akte yang salah ini sampai akhir hayat gue nanti. Lagian Cuma beda dua hari sih. Ya, untungnya.

Alhasil, jadilah gue sampe sekarang kalo daftar apa-apa, tanggal lahirnya ngikut akte. Semua di ijazah dan lembar-lembar resmi juga pastinya ngikut tanggal akte. Untung dulu kaga diganti. Kalo diganti, pasti hidup gue bakal flat-flat aje. Dan ulang tahun gue, bakalan sama kayak orang lain. Cuma satu tanggal. Gapapa deh, kan jadinya unik. Toh juga sejauh ini gue ga mengalami keribetan dalam merayakannya hahaha. Cukup kasih statement tentang peristiwa unik bin aneh ini, ampe temen-temen gue yang ada ngecengin gue setahun ulang tahun dua kali. Emang iya sih ya -__-

Dan sebelum gue ngampus tadi, nyokap sms :
Cie yang hari ini ulang tahun, padahal masih 2 hari di perut mama..”

Senyum, ketawa, terharu. Terharu pas denger masih 2 hari di perut mama. Berasa banget sih perjuangan mama pas ngelahirin gue. Perjuangan papa yang mungkin saat itu excited banget nungguin kelahiran anak pertamanya. Dan saat itu gue juga berjuang mencari oksigen sendiri di dunia. Yaaa.. pokoknya jadi kangen emak nun jauh disana dah. Langsung deh mikir kemana-mana. Agak kebayang-bayang juga sih kalo nanti gue bakalan jadi seorang ibu, yang juga berjuang untuk melahirkan..

Tapi kadang suka ketawa-ketawa sendiri, tanggal 14 Desember 1993 kan gue masih di perut mama gue. Hahaha. 
Kue tahun kemaren.

Setidaknya, kalo menurut ‘sang akte’ gue sekarang udah 19 tahun, aslinya mah 18 tahun gue masih 2 hari lagi nih. Jadi? Oke dua hari lagi umur gue berkurang. Gue akan lakuin apapun itu yang bermanfaat, dan itu selalu, gue repetisi setiap hari. Kenapa? Karena gue sadar hidup itu singkat, jadi harus bermanfaat.

Nampaknya perlu disudahi tulisan kali ini. Karena ada panggilan alam ke kamar mandi dan kemudian saya harus ngampus. Hahaha. Maaf kalo di postingan ini gaya bahasanya kembali ke-betawi-betawian. Dikarenakan saya kangen kampung halaman. Sekian.

Yogyakarta, 14 Desember 2012
Di kamar yang lagi berantakan belum sempet diberesin karena banyak banget tugas dan dikejar deadline.

Xoxo.

You Might Also Like

2 Comments