#ceritamudik Jepara [part 2]

12:30 PM

Finally, I catch my blog again. Hufh. Sudah lama mengumpulkan mood untuk ngeblog, sekalinya ngumpul, banyak kerjaan lagi, capek lagi, dan gak mood lagi. Hehe, begitulah hidup. Jadiiiii, lanjutlah kita ke cerita selanjutnyaaa :3

Well, after I posted cerita mudik jepara sebelumnya, sekarang berlanjut ke edisi yang baru. Hari itu nggak panjang sih. Saya Cuma menghabiskan setengah hari lebih dikit, hehe. Karena harus mengejar waktu untuk bisa sampai di Jogja. Dan keluarga hanya bisa menghabiskan waktu sehari semalam di Jogja, karena beberapa hari ke depan sudah hari masuk kerja dan sekolah. Awkay, setelah sarapan yang lagi-lagi lauknya pake seafood, pamitan dan kumpul-kumpul sama keluarga besar, kita tancap ke Jogja sekaligus mampir ke wisata belanja khas Jepara. Tadinya mau ke kerajinan Monel, direkomendasikan sama budhe-nya Mama saya. Tapi berhubung kalo  kesana nggak ngelewatin jalan mau ke Jogja, akhirnya diputuskan untuk mampir ke Kampung Troso. Troso? Apa sih itu?

Ohiya, sebelumnya, pamitan dulu, sama nenek buyut saya, yang Alhamdulillah sampe sekarang masih diberikan umur, barokah sekali. Mantan pejuang loh :p

Oke, kita berangkat menuju Jogja. Sebelum ke Desa Troso, saya dan keluarga mampir-mampir dulu di toko mebel jati. Mesen-mesen dan beli ini-itu, cukup lama. Ya, mumpung lagi di Jepara juga sih ya..

Si Mama sedang memilih-milih :))
Setelah beli sesuatu, akhirnya lanjutin perjalanan. Kebetulan jalur terusannya itu juga melewati Desa Troso, yang pintu masuknya semacam gang, terletak di pinggir jalan. Sekitar 15 km sih dari kota Jepara. Yang lagi berkunjung ke Jepara, mampir deh. Kainnya bagus-bagus, unik, dan kualitasnya sudah pasti oke. Kalo saya bilang sih, memakai troso itu terlihat eksklusif. Kenapa eksklusif? Karena nggak pasaran, kualitasnya bagus, ya memang sih harganya agak mahal :))

Suka motif yang iniiii :D
Jadi, kalo kita sudah masuk ke area Desa Troso, udah deh, sepanjang jalan, kanan dan kiri, berhadap-hadapan, semua rumah yang dipinggir jalan itu hampir semuanya memproduksi kain tenun troso. Tinggal pilih mau berhenti dimana. Yaaaa, yang paling sering dikunjungi sih pastinya toko/galeri yang besar, yang tentunya punya koleksi dan pilihan motif kain yang banyak. Kain tenun troso ini awet loh, nggak luntur lagi. Pokoknya kualitasnya oke banget deh :))

Satu lagi nilai plus dari kain tenun troso ini, yaitu pengerjaannya dari awal sampai dijual, benar-benar 100% handmade! Di tengah maraknya industri tekstil dengan berbagai macam bahan dan diproduksi dengan menggunakan  mesin, desa troso tetap mempertahankan ciri  khasnya menenun kain dengan menggunakan ATBM. Apaan tuh? Pasti ada yang baru denger yak? Awkay.. Itu kepanjangan dari Alat Tenun Bukan Mesin. Iya, jadi bener-bener total deh para pengrajin menenun kain, katanya sih, untuk menghasilkan kain 1-2 meter, proses pengerjaannya sampai 2 atau 3 hari. 




Setelah saya main-main ke pabriknya di belakang toko tempat saya belanja, kemudian saya juga sempet mencoba megang alat tenun ini, sumpah berat, dan pusing bolak-balikin benangnya supaya bisa menjadi motif. Hihihi... Setelah itu, saya lanjut belanja lagi deh :D

Selesai belanja, kita lanjut teruuuus tancap gas sampe Jogja. Eh berenti dulu deng, di Masjid Agung Demak, yang terkenal dengan Wali Songo-nya itu. Yuk mampir lah sekalian mumpung liwat :)

Masjid Agung Demak
Habis berhenti solat, kita tancap gaaaas lagi lanjut ke Jogja. Dan seperti biasa, tol Semarang - Ungaran itu selalu menyajikan pemandangan yang indah-indah, hehehe. Soalnya tol itu dibangun diantara gunung-gunung. Dan saya paling suka kalo perjalanan lewat sini..

Subhanallah.. 33x
Subhanallah.. 100x

Subhanallah.. 1000x
Sepanjang jalan nikmatin pemandangan.. Nikmatin semua karunia Tuhan. Sepanjang itu juga pastinya bersyukur, meskipun disisi lain agak sedih juga soalnya bakalan fix jadi anak rantau lagi, yang bakalan balik pas libur semester doang :p Hehe, mbok-mbok-an meneh iki :p

Berakhir di Jogja, kita liburan lagi, kuliah lagi, dan stay disini lagi.
Selamat malam :)

You Might Also Like

0 Comments