#ceritamudik Jepara

12:03 AM

Hari kedua, gue dan keluarga besar menghabiskan waktu setengah hari di pantai Bondo. Ohiya, btw, karena gue sekarang aktif nulis di 'blog keroyokan' Kompasiana, dan postingan pertama gue ya tentang hari kedua gue ini. Special telling about Bondo Beach. Bukan Bondi Beach ya, kejauhan itu mah di Australia hahaha. Sebenernya bingung ini kebanyakan akun. Tapi gimana~ inilah takdirnya~ disuruh bikin akun kompasiana untuk mata kuliah Jurnalistik, karena emang hobi nulis, jadi keasyikan disana dan kayaknya saya bakalan sering-sering nulis disana ehehek. But don't worry readers! Gak kok, gue gak bakal ninggalin blog. Karena apa? Cuma di blog gue bisa cerita lewat tulisan tapi kayak orang ngomong, jadi ceritanya gue kalo di akun kompasiana kan gak bisa ngomong seenak udel, bahasanya mesti formal and so on.. Hahaha. Beklaaahhh yang penting semua akun bisa ke-handle yak #okesip..

Jadi Pantai Bondo ini letaknya nggak jauh tapi nggak deket juga dari rumah Mama gue yang di Jepara, tepatnya di kecamatan Bangsri. Kalo menuju kesana sih kita emang ngelewatin pemukiman penduduk desa gitu, terus lewat hutan jati. Katanya sih, hutan jati itu belom lama habis dijarah atau dirampok gitu sama orang-orang yang gak bertanggung jawab :( Seinget gue, 5 tahun yang lalu, terakhir gue main ke Pantai Bondo, hutannya tuh masih rindaaaang banget, skrg udah agak gersang, karena setelah penjarahan hutan itu, bibit-bibit jati baru ditanam lagi dan sekarang baru jadi pohon2 yang batangnya kecil dan belum rindang.. :(

Oke, jadi waktu itu gue pagi-pagi kesananya. Sebelum touchdown ke pantai, (cahelaaah bahasanya touchdown, gapapadah biar kaya anak gawulz). Iya jadi sebelum ke pantai, gue berenti dulu di suatu tempat yang bernama TPI tapi bukan tv, jadi TPI adalah Tempat Pelelangan Ikan. Yaktul! Jadi kawasan Pantai Bondo ini adalah kawasan produktif bagi nelayan untuk berburu ikan. Dan disana.. kita bisa beli ikan-ikan fresh hasil tangkapan para nelayan, dengan harga yang pastinya jauh lebih murah dari harga di pasar. Disana rame, jadi banyak pedagang2 ikan yang mau jual lagi di pasar gitu..

Suasana di TPI... makin asik aje~~
Pokoknya buat yang mau pesta seafood belinya kesini aja. Murah-murah dan ikan jenis apa aja ada. Hahaha

Akhirnya setelah liat-liat disana, akhirnya cabut dah tuh ke pantai. Yak, masih seperti dulu, pasirnya putih, lautnya dangkal, airnya bening.. dan ombaknya mati alias pelan.....banget. Hehe. Ramah banget ini pantai. Jadi kita bisa main-main air atau berenang disana, dan insyaallah aman untuk anak-anak selama itu wajar yaa ga main ke tengah-tengah juga hahaha.


Pasir putihnya menggoda banget buat dimainin. Disana juga pohonnya rindang. Jadi enak buat ngadem di bibir pantai. Disana banyak kapal nelayan, yang berlalu lalang mencari tangkapan untuk kemudian dijual ke Tempat Pelelangan Ikan tadi. Nelayannya ramah-ramah kok, dan mereka juga gak ngerasa keganggu kalo ada wisatawan kesana, mereka itu penduduk atau warga yang tinggal di lingkungan pantai Bondo itu tentunya.

Bapak Nelayan.

Kendaraan tempur.




Pokoknya selesai main-main disana.. Sudah capek.. Sudah basah kuyup.. Sudah main pasir.. Sudah bilas.. dan kita pulang. Ohiya, satu yang nggak boleh lupa, yaitu... nyobain minuman khas Jepara! Apa namanyaaa?? Yak betul! PLERET!

Ini loh yang namanya Es Gempol Pleret. Aaaahhh jadi hauuuusssssyyyy :3

Entah kenapa namanya pleret. Kata mama sih karena proses membuatnya itu di-'pleret' pake bambu. Dan setelah gue learning by googling, ternyata bener, bikinnya banyak tahapnya, lama dan susah. Ets, tapi bukan berarti minuman seger khas Jepara ini mahal harganya. Segelas ini biasanya cuma 2ribu-3ribu rupiah aja kok :)) Dan kayaknya, minuman ini emang cuma ada di Jepara, Bangsri, dan sekitarnya deh. Soalnya, kemanapun gue berpijak di kota lain, gak pernah nemuin tukang jualan plereeet~

Nah kalo kalian abis dari Pantai Bondo, di sekitaran hutan jati itu banyak para penjual pleret. Biasanya di gubuk kecil gitu, adem.. Dan biasanya disitu juga dijual makanan seperti aneka gorengan, sate telor, dan sebagainya. Dan aku makan ini...

Namanya tahu susur. Eh susur apa sosor hayo? 
Okelaaa dan berakhirlah hari itu. Selanjutnya gue menikmati hidangan seafood dirumah.. Dan dilanjut dengan aktivitas-aktivitas lainnya.. Besoknya, gue harus udah balik cabut ke Jogja.. Dan terbukti, kangen Bangsri, kangen Jepara! Iyah!

Oyah by the waaaaay, ini cerita resmi dan yang gue gambarkan secara umum tentang pantai Bondo, check this out guys.  http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/09/19/pantai-bondo-pesona-alam-jepara-yang-tersembunyi/

And I'm sooooo happy, cause baru beberapa menit gue posting tulisan ini, langsung melejit jadi Headline!! Wow. It's damncool right? B-)

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/09/19/pantai-bondo-pesona-alam-jepara-yang-tersembunyi/

Yaudah kalo gitu pamit dulu. Assalamualaikum. Masih ada #ceritamudik Jepara 3. Coming soon. :D

LOVE,
Putrie.

All photos taken by Purwoko and Intantya Purwoko Putrie

Not Allowed to Copy and Paste photo without permission
Copyright of Intantya Putrie

You Might Also Like

0 Comments