Be a speaker in Indonesia Pintar event.

3:28 PM

Kemarin, jurusanku, Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengisi salah satu tenant di acara seminar, pameran dan jobfair acara tahunan bertajuk Indonesia Pintar, yang tentunya disponsori oleh i-Radio Jogja. Acara Indonesia Pintar ini merupakan agenda tahunan, yang bertemakan edukasi dan pengetahuan, yang rutin dilakukan bersamaan dengan event Festoval Kebudayaan Yogyakarta atau bahasa gaulnya FKY, yang berlangsung di Benteng Vredeburg, Kilometer 0, Yogyakarta. Tentunya, merupakan satu kebanggaan untuk kami, mahasiswa mahasiswi Ilmu Komunikasi, untuk dapat menunjukkan kapasitas kami sebagai mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi dengan kompeten kami masing-masing. Dua tema yang kami angkat pada tenant kami, yaitu sesuai dengan konsentrasi yang ada di jurusan kami, Public Relations dan Advertising. Perwakilan dari Public Relations yaitu mengenai UKM internal kami yang telah melanglang buana dengan event-event akbarnya, yaitu PRO (Public Relations Oriented), sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi-aspirasi mahasiswa mengenai ke-PR-an. Sedangkan dari kubu advertising, perwakilannya adalah UKM internal yang sudah saya post sebelumnya, KostrAd, yaitu wadah aspirasi mahasiswa konsentrasi Advertising yang berkaitan dengan iklan, seni, desain, juga pameran. Sayang sekali, saya tidak bisa terjun penuh dalam acara ini. Saya hanya datang beberapa kali di sore hari, dikarenakan saya mengikuti beberapa kegiatan di luar kampus, komunitas saya YRBK Kagem Yogyakarta yang juga pada beberapa hari yang sama mengadakan serangkaian kegiatan yang cukup menyita waktu. Akhirnya, jadilah saya terburu waktu, bolak-balik mondar-mandir Jalan Kaliurang - Malioboro - Gamping. Itu jauh loh :|

Dan sore hari itu, Minggu 1 Juli 2012, sepulangnya saya dari kegiatan komunitas, saya tergerak untuk mampir ke stand tempat dimana jurusan kampus saya pameran. Maaf, lupa ambil foto kedua stand tersebut, rupanya saya terlalu asyik menikmati Pasar Festival Kebudayaan Yogyakarta yang letaknya di luar ruangan seminar, dan menikmati kesenian-kesenian khas Jogja yang disajikan. Laporannya di posting selanjutnya ya :)
Sore itu, secara mendadak, kawan saya meminta saya untuk mewakili PRO di atas panggung, untuk menjadi pembicara, memberitahu apa saja yang berkaitan dengan pameran dari kampus saya. Merupakan suatu kehormatan, meskipun awalnya sempat kontra dan menilak karena..... malu. Karena waktu itu, stylenya lagi nggak total. Bayangin coba, cuma pake sepatu Crocs gitu, celana jeans, kaos. Untung bisa pinjem almamater. Kalo enggak. Hmm. 

Tau tadi disuruh naik panggung begini kan, pake wedges, pakaian formal. Hehehe. Yasudah, optimis untuk menutupi semua itu, dengan teori public speaking yang saya miliki, yang... sekiranya cukup mumpuni. Saya menjadi pembicara bersama Bapak pengusaha yang memimpin acara job fair itu (lupa namanya, lupa gelarnya) :p dan bersama kawan saya, Ika, dan juga kakak tingkat saya yang super ngocol, yang ketua Kostrad itu loh. Hmm.







Whoaaa. Ini yang motret, rekan saya juga, namanya Mas Agus. Cuman, nggak ngerti deh, diapain awal mulanya kamera saya settingannya, kok hasil jepretannya bad quality begini :'( Super kecewaaaaa huhuhu.

Semoga cepet ada lagi kesempatan untuk aku jadi pembicara di talkshow-talkshow berikutnya! Amin!

You Might Also Like

0 Comments