Sundak Beach & Friends

4:22 PM

havin a good time with my friends, we went to Sundak beach, GunungKidul, Yogyakarta a week ago. Pantainya menawaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan bangeeeeeett.. Indah banget beneran. Buat kalian kalo lagi liburan ke Jogja dan stay cukup lama, harus mampir kesini! 

Jadi, pantai Sundak ini letaknya sebenernya jauuuuh bgt dari Jogja kota (kalo gw bilang sih jauh, kalo mau nyaman kudu naik mobil). Entah berapa kilo meter, tapi kalo dari Jogja kota kurang lebih 2 jam-an. Rutenya..  Pastinya ya kita ke arah gunungkidul itu. Yak, kita naik gunung. Medan jalannya emang serem banget, berkelok-kelok berliku-liku dan pas awal-awal naik gunung itu tanjakannya nikung tajem banget, untuk cewe-cewe yang mau kesana sendiri usahain yang nyetir mobil cowok aja. Seram. Daerahnya pun sepi kalo udah lewat Wonosari kota, kanan kiri hutan, rumah penduduk juga cuma ngumpul di beberapa titik aja. Dan kalo mau nikmatin sunset, kalo aku bilang sih mending nginep aja, sewa resort di deket pantai yang akan kita kunjungin, karena kalo malem jalanannya gelap, lampu cuma di beberapa titik aja, ya itu tadi, kanan kiri hutan. Horror men.

Jadi pantai Sundak ini adalah salah satu dari rangkaian pantai yang ada di Gunungkidul. Di Gunungkidul itu banyak sekali pantai dan semuanya indah. Bersih. Pasirnya putih. Waaaa mau deh touchdown di semua pantai itu! Aku sendiri juga nggak hafal urutannya gimana, kalo gak salah paling timur itu Pantai Sadeng dan paling barat itu Pantai Parang Endog. Aku sih emang banyak nanya, hehe, itu tau dari Ibu-ibu yang jual keripik rumput laut. Gak tau gimana urutannya dari barat ke timur, yang jelas banyak pantai yang aku tau selain Sundak, ada pantai Kukup, Krakal, Baron, Wediombo, dan masih banyak lagi. Kalo aku sih baru touchdown di Krakal, Kukup, sama Baron pas kemaren selesai Ospek. Terus sebelum ini, aku juga udah pernah ke Sundak sama temenku. Jadi ini kunjunganku ke Sundak untuk yang kedua kalinya.. :D


Pantai Sundak ini belom dikelola secara resmi oleh sebuah instansi. Termasuk juga pantai-pantai yang lain. Jadi masyarakat sekitar juga masih bebas beraktivitas di laut, di pantai, sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Tapi kalo Sundak itu karena bagus mungkin yah, jadi disini gak ada banyak perahu nelayan. Pure udah kaya pantai resmi untuk liburan! hehe. Kalo di Kukup apa Baron gitu ya, terus di pantai Sadeng juga itu banyak perahu-perahu nelayan, memang mereka beraktivitas disitu, dan kita juga bisa sewa perahunya kayaknya. Setauku sih, yang emang udah dikelola secara resmi itu pantai Indrayanti, sebelah Sundak. Pantai Sundak sama Indrayanti nyambung sebenernya, dipisahin sama bukit karang yang segede gaban. Kalo air laut lagi bener-bener surut, kita bisa kok melipir-melipir di pinggir bukit itu buat nyampe ke pantai Indrayanti. Sip, sama indahnya :D

Di Sundak bener-bener main sepuasnya nih, total! Abis temen-temenku pada main basah-basahan, alhasil aku yang tadinya nggak mau main air, pun ditarik biar ikutan basah juga. Biar adil, begitu katanya. Eh, malah jadi keasikan main. Wah.






Waaaa seru banget! Saya itu suka sekali pantai. Dan yakin, pasti bakal sering balik ke sini kalo lagi ada waktu luang!
Well, kita ngabisin waktu di pantai kira-kira cuma sampe jam setengah lima sore. Karena kita gak berencana untuk nginep, jadi kita gak lihat sunset. Soalnya takut kemaleman juga turun gunungnya *wuih* jadi ya pokoknya begitu deh. Minggu itu sangat melelahkan sekali. Hasilnya pun, kuliah hari Senin kita tepar semua #hore

Jepretan terakhir sebelum kita meninggalkan Sundak hari itu..

Batere kamera pun habis. Pulang dari sini, kita makan bareng gitu, sampe malem pun kita tiba di rumah dan.. capek. See you on the next post!

You Might Also Like

0 Comments