Matahari

5:34 PM

Matahari,
Matahari itu nggak pernah ingkar janji.
Dia pasti selalu terbit di pagi hari menggantikan gelapmu dalam malam yang memekat..
Dia juga selalu ikhlas dan adil memberikan sinarnya kepada siapapun di bumi, di belahan dunia manapun tanpa membedakan apapun...

Matahari, 
Matahari selalu setia menjalani hari-harinya untuk terbit di ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat..
Dia selalu memberi, tak akan pernah lelah menyinari kita meskipun disaat kita sama sekali tidak mengharapkannya..
Matahari juga tidak pernah mengeluh, dia selalu berdiri tegak menantang galaksi meski kita mencacinya penuh kesal karena sinarnya yang terlalu terik..
Matahari adalah makhluk yang tulus,  dia selalu mengukir tawa kita dengan ketegaran sinarnya tanpa mengharapkan imbalan apapun..

Matahari juga ngga pernah egois pada kemauannya sendiri..
Karena ia selalu memberi celah untuk bulan dan bintang..
Matahari itu, bintang yang sesungguhnya.. Ia adalah pemilik terang yang sesungguhnya..
Matahari, selalu mengajarkan kita untuk berbagi..
Sekuat apapun kekuatan, skill, ilmu atau hal apapun yang kita miliki, jangan lupa untuk dibagi ke orang lain, apalagi itu bermanfaat..
Seperti matahari, yang selalu berbagi sinarnya setiap hari tanpa bosan, agar bermanfaat bagi makhluk bumi..
Di posisi yang sekuat itu, matahari juga gak pernah sombong, dia selalu tau jalan pulang..
Orang yang bersyukur, adalah orang yang hafal jalan pulang, tau dan sadar darimana dia berasal..
Seterik-teriknya dia menyinari bumi, dia selalu tahu kapan dia harus kembali terbenam pulang dan memberi celah kepada kedua sahabatnya, bulan dan bintang..
Kadang kita manusia yang memang punya sahabat, tapi kadang kita justru egois sama sahabat kita, seperti cenderung tidak mau berbagi, tidak mau memberi kesempatan untuk mereka..
Kadang kita memang harus rela mundur satu langkah. Untuk apa? Untuk memberi celah buat orang yang selama ini mungkin posisinya ada di bawah kita, mundur itu bukan berarti kalah, melainkan sebuah aktualisasi dari indahnya berbagi, pasti hasilnya akan lebih indah..
Saat kondisi memang sedang mengalah, jangan menyerah, minder atau bahkan mungkin malah nggak ikhlas, percaya bahwa dengan kita berbagi itu hasilnya akan lebih indah, lebih menarik, lebih bermanfaat..
dan jangan lupa caranya untuk bangkit lagi, untuk balikin semangat lagi, seperti matahari yang gak pernah lupa dan lelah untuk kembali lagi terbit di pagi hari, setelah terbenam disusul malam..

Location : Gunung Kidul, Yogyakarta
Foto Pribadi.


Ohya, aku jadi inget lagu "Matahari" -nya Alm. Om Chrisye. Aku udah tau lagu itu sih.. semenjak SMP,  aku suka banget sama liriknya. Waktu itu aku bawain lagu itu pas pengambilan nilai kesenian untuk konsentrasi nyanyi pas SMP. Terus nonton film Badai Pasti Berlalu, eh lagunya di-cover sama Nindy. Asli makin bagus makin alus~ #halah. Ayo dengerin di sini :)

Musim berlalu, resah menanti..
Matahari pagi, bersinar gelisah..
Kini.. Semua bukan milikku,
musim itu tlah berlalu..
Matahari segera berganti..

Dimana, kau timbun daun yang layu?
Makin gelisah aku menanti matahari..
Dalam rimba kabut pagi..
Sampai kapankah aku harus menanti..

Awan yang hitam tenggelam dalam dekapan, 
daun yang layu berguguran di pangkuan..

Kapan badai pasti berlalu..
Resah aku menunggu..
Kapan badai pasti berlalu..
Badai pasti berlalu..
__________________________________________________________________________________

Kejarlah matahari itu dimana ia tidak pernah melupakan bumi untuk membagikan sinarnya.
Seringkali kita lupa terhadap apa yang diberikan Tuhan dan kita lupa untuk menjadikan manfaat dari hal tersebut.. :)

You Might Also Like

1 Comments

  1. Saya suka sekali tulisan

    "percaya bahwa dengan kita berbagi itu hasilnya akan lebih indah, lebih menarik, lebih bermanfaat."

    dan footernya :

    "Kejarlah matahari itu dimana ia tidak pernah melupakan bumi untuk membagikan sinarnya.
    Seringkali kita lupa terhadap apa yang diberikan Tuhan dan kita lupa untuk menjadikan manfaat dari hal tersebut..
    Matahari.."

    gabung yuk kk di forum http://uin-community.us
    mari kita saling berbagi ilmu & apapun yang bermanfaat tentunya :)

    ReplyDelete